Lantik Rektor Baru Unhan, Prabowo Minta Genjot Prestasi

Rektor Unhan kini dijabat Mayjen TNI Jonni Mahroza

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melantik rektor baru Universitas Pertahanan (Unhan) , Mayjen TNI Jonni Mahroza di Aula Merah Putih, Sentul, Jumat (4/8/2023). Prabowo berharap prestasi Unhan meningkat di bawah kepemimpinan Jonni. 

Prabowo menilai, Unhan berpeluang mencetak sosok yang bisa menjadi pemikir, pakar, dan pemimpin. 

"Waktu saya menjabat sebagai Menhan, saya langsung melihat badan dan institusi yang berada di bawah wewenang saya. Saya menilai betapa strategisnya Unhan RI ini," ujar Prabowo seperti dikutip dari keterangan tertulis Kemhan, Sabtu (5/8/2023). 

"Rakyat menunggu prestasimu. Anak-anak muda yang cemerlang yang bisa menghasilkan dan membawa kemakmuran," kata dia lagi. 

Sebelum dilantik menjadi rektor, Jonni adalah Wakil Rektor Bidang Akademik dan Perencanaan Unhan. Ia menggantikan rektor sebelumnya yaitu Laksamana Madya TNI (Purn) Amarulla Octavian. 

1. Menhan percaya Unhan makin maju di bawah kepemimpinan Jonni

Lantik Rektor Baru Unhan, Prabowo Minta Genjot PrestasiMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto melantik Rektor baru Universitas Pertahanan, Mayjen Jonni Mahroza pada Jumat, 4 Agustus 2023. (Dokumentasi Kemhan)

Dalam pidatonya, Prabowo mengaku percaya Jonni bakal membawa Unhan semakin maju.

"Dengan ini, saya resmi melantik Mayjen TNi Jonni Mahroza sebagai Rektor Unhan Indonesia. Saya percaya saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan tanggung jawab yang diberikan," kata dia. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor Unhan terdahulu, Laksdya (Purn) Amarulla Octavian, yang telah menjabat selama tiga tahun. 

Baca Juga: Megawati Resmi Sandang Gelar Profesor Kehormatan dari Unhan

2. Unhan diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada 11 Maret 2009

Lantik Rektor Baru Unhan, Prabowo Minta Genjot PrestasiIlustrasi gedung Universitas Pertahanan (UNHAN) di Bogor, Jawa Barat (www.instagram.com/@pojokunhan)

Sementara, mengutip dari situs resmi Unhan, kampus yang berlokasi di Sentul itu diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhyono (SBY) pada 11 Maret 2009. Unhan disebut lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S1, S2 dan S3.

Unhan adalah lembaga pendidikan tinggi terbuka. Kampus itu memberikan kesempatan tidak hanya bagi perwira TNI untuk belajar, mereka juga mempersilakan sipil untuk menempuh studi di sana. Mereka dapat memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial dan budaya.

Baca Juga: Unhan Beri Gelar Profesor Kehormatan untuk Terawan, Prabowo-SBY Hadir

3. Prabowo berikan kuota beasiswa di Unhan bagi puluhan pemuda dari Palestina

Lantik Rektor Baru Unhan, Prabowo Minta Genjot PrestasiMenteri Pertahanan Prabowo Subianto menyaksikan penandatanganan kerjasama Unhan dengan Palestina pada Senin, 19 Juni 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sebelumnya, Menhan Prabowo mengumumkan pemberian beasiswa bagi 22 pemuda-pemudi Palestina agar bisa menuntut ilmu di Universitas Pertahanan.

"22 pemuda-pemudi Palestina itu akan diseleksi oleh mereka. Lalu, kami menyediakan sejumlah fakultas yang bisa dimasuki di Universitas Pertahanan mulai dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, MIPA, Fakultas Teknil Sipil dan sebagainya," ungkap Prabowo ketika memberikan keterangan pers pada Juni 2023 lalu.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Partai Gerindra itu berharap tiap tahun beasiswa tersebut bisa dialokasikan bagi warga Palestina.

"Untuk tahun ini kami alokasikan 22, harapannya tiap tahun bisa dimasukkan," kata dia. 

Ia menambahkan proses pendidikan dimulai pada Juli 2023. Puluhan calon mahasiswa asal Palestina itu akan menjalani pendidikan Bahasa Indonesia di sekolah bahasa. 

"Lalu, pendidikan dimulai pada Agustus," tutur dia. 

Prabowo menyebut selama berada di Unhan, calon mahasiswa asal Palestina itu akan mengikuti kurikulum sesuai standar yang diterapkan Kemhan.

"Jadi, mereka akan ikut program yang sesuai dengan kurikulum kita," ujarnya.

Baca Juga: Unhan Beri Gelar Profesor Kehormatan Bagi Megawati, Ini Alasannya

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya