Mayor Teddy, Ajudan Prabowo, Dipromosi Jadi Wadanyonif Para Raider 328

Mayor Teddy pernah menjadi ajudan Menhan Prabowo

Jakarta, IDN Times - Ajudan Menhan, Mayor Teddy Indra Wijaya mendapatkan promosi menjadi Wakil Komandan Batalyon Infantri (Wadanyonif) Para Raider 328/Dirgahayu. Hal itu berdasarkan keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) nomor kep 137/II/2024 pada 26 Februari 2024. 

"Betul yang bersangkutan menjadi Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu, Brigif Para Raider 17/Divif 1/Kostrad," ujar Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Darat, Brigjen Kristomei Sianturi melalui pesan pendek pada Selasa (12/3/2024). 

Mayor Teddy menggantikan Mayor Infantri Ade Fian yang juga mendapat promosi sebagai Perwira Seksi Operasi Sops Divisi Infanteri (Divif) 1 Kostrad. "Ada 348 orang pamen (perwira menengah) berpangkat kapten atau mayor yang mendapatkan promosi atau mutasi (tour of duty/tour of area)," kata dia lagi. 

1. Mayor Teddy sempat jadi sorotan karena dianggap tak bersikap netral saat pemilu

Mayor Teddy, Ajudan Prabowo, Dipromosi Jadi Wadanyonif Para Raider 328potret Mayor Teddy berseragam TNI (instagram.com/tedsky_89)

Nama Mayor Teddy menjadi sorotan lantaran ia bertugas menjadi ajudan bagi Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Badannya yang tegap dan selalu melekat ke Prabowo, membuat wajahnya ikut disorot kamera. 

Namun, sikapnya sebagai prajurit TNI AD sempat diragukan netralitasnya lantaran dalam debat capres, ia ikut berdiri di barisan timses paslon nomor urut dua. Selain itu, Teddy juga mengenakan kemeja dengan warna senada dengan capres Prabowo dan Gibran. 

Kadispenad Brigjen TNI, Kristomei Sianturi menegaskan bahwa keberadaan Mayor Teddy di acara debat tersebut, murni sebagai ajudan Menhan Prabowo. 

"Kehadiran dia bukan dalam rangka mendukung paslon tertentu serta tidak mewakili institusi TNI atau TNI AD," ujar Kristomei kepada IDN Times melalui pesan pendek pada 20 Desember 2023 lalu.

Ia pun tak menampik Mayor Teddy sempat terlihat memberikan simbol jari angka dua saat di sesi debat capres. Menurut Kristomei, hal tersebut bisa saja terjadi karena terbawa suasana. 

Baca Juga: Didampingi Mayor Teddy, Prabowo Cicipi Bakso Eks KSAD di Cimahi

2. KSAD Maruli buat SOP bagi prajurit TNI aktif yang menjabat ajudan

Mayor Teddy, Ajudan Prabowo, Dipromosi Jadi Wadanyonif Para Raider 328Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak ketika berbicara di Mabes TNI AD. (Dokumentasi TNI AD)

Lantaran sorotan luas terhadap Mayor (Inf) Teddy Wijaya, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak sampai harus membuatkan prosedur khusus bagi prajurit TNI yang ditugaskan sebagai ajudan pejabat publik. 

"Jadi, aturan teknis itu akan memuat petunjuk detail bagi prajurit-prajurit yang saat ini bertugas sebagai ajudan, pengawal mengenai apa yang boleh dan tak boleh dilakukan saat melaksanakan tugasnya selama proses pemilu," ujar Maruli dari dari keterangan tertulis pada akhir Desember 2023 lalu. 

Brigjen Kristomei pun menyatakan, TNI baru bergerak untuk mengambil tindakan lanjutan terhadap Mayor Teddy berdasarkan putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"Jika ditemukan adanya pelanggaran, maka akan kami tegur dan diproses sesuai aturan, hukum dan perundangan yang berlaku," ujar perwira tinggi di TNI AD tersebut. 

Ia pun menggarisbawahi, SOP dan petunjuk teknis yang akan dibuat oleh KSAD Maruli bukan semata-mata untuk Mayor Teddy saja. Aturan tersebut juga berlaku bagi prajurit TNI AD lainnya. Sehingga, tidak ada area abu-abu seandainya ada prajurit TNI AD lainnya yang ditugaskan menjadi pengawal. 

3. Mayor Teddy tak lagi kenakan pakaian senada dengan capres nomor urut dua di acara politik

Mayor Teddy, Ajudan Prabowo, Dipromosi Jadi Wadanyonif Para Raider 328potret Raffi Ahmad dengan Mayor Teddy (instagram.com/raffinagita1717)

Sementara, usai menjadi sorotan luas publik, Mayor Teddy kini mengenakan pakaian berbeda dengan Prabowo di acara-acara politik. Pada 12 Desember 2023 lalu, Mayor Teddy terlihat mendampingi Prabowo dengan mengenakan kemeja berwarna putih. Posisi berdiri pun tidak lagi membaur dengan tim sukses Prabowo-Gibran. Ia memilih berdiri di antara timses paslon nomor urut satu dan dua. 

Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI Kristomei Sianturi tidak bersedia memberikan komentar, apakah perubahan outfit Mayor Teddy lantaran ada instruksi langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak.

Ketika IDN Times menanyakan apakah  Standar Operasional Prosedur (SOP) yang disusun KSAD Maruli bisa diakses publik, Kristomei menyebut, publik bisa mengakses dokumen apapun selama tidak diklasifikasikan rahasia. 

"Segala sesuatu yang klasifikasinya tidak rahasia atau unclassified bisa diakses (oleh publik)," kata dia melalui pesan pendek, Minggu, 24 Desember 2023. 

https://www.youtube.com/embed/eZG5TLOU5xE

Baca Juga: Usai Viral, Mayor Teddy Tak Lagi Pakai Baju Timses Prabowo-Gibran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya