NasDem Akui Susi Pudjiastuti Penuhi Kriteria Jadi Bacawapres Anies

"Kandidat cawapres itu kan berpengalaman di pemerintahan"

Jakarta, IDN Times - Kunjungan bakal capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan ke kediaman Susi Pudjiastuti di Pangandaran pada pekan ini mencuri perhatian publik. Warganet sibuk menjodohkan Susi agar bersedia menjadi bakal cawapres bagi Anies di Pemilu 2024. 

Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai parpol salah satu pengusung Anies pun tak menampik Susi memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Apalagi pendiri maskapai Susi Air itu dipandang sebagai sosok berintegritas. 

"Kandidat cawapres Anies itu kan lintas gender, bebas dari kasus hukum dan berpengalaman di pemerintahan. Nah, dari kriteria itu, Susi bisa saja memenuhi syarat untuk jadi salah satu kandidat," ungkap Sekretaris Jenderal NasDem, Hermawi Taslim ketika dikonfirmasi pada Selasa (25/7/2023). 

Saat ditanyakan apakah ini berarti NasDem benar-benar mempertimbangkan Susi sebagai bakal cawapres Anies, Hermawi tidak menjawab dengan lugas. Ia hanya menyebut NasDem mendorong semua pihak yang memiliki potensi untuk menjadi pemimpin agar berani mencalonkan diri. 

"Kami mendorong semua anak bangsa yang beritikad baik dan berkontribusi bagi nusa dan bangsa," tutur dia lagi. 

Hingga kini Anies belum mengumumkan sosok yang bakal mendampinginya di pemilu 2024. Padahal, sebelumnya ia menjanjikan usai kembali dari ibadah haji, sosok bacawapres akan disampaikan ke publik. 

Santer terdengar informasi nama bacawapres yang mendampingi Anies adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Namun, Ketua Umum NasDem, Surya Paloh disebut tak setuju AHY menjadi bacawapres Anies. Di sisi lain, NasDem menepis menolak sosok bacawapres yang telah dipilih mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

1. Susi akui ikut dengar cerita soal situasi politik terkini dari Anies

NasDem Akui Susi Pudjiastuti Penuhi Kriteria Jadi Bacawapres AniesPendiri maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti ketika sarapan lontong sayur dengan Anies Baswedan di Pangandaran. (www.instagram.com/@susipujdiastuti)

Sementara, di unggahan akun media sosialnya, Susi mengaku membicarakan banyak hal ketika Anies menginap di rumahnya di Pangandaran. Ia turut menyarankan agar Anies menggunakan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambutnya kembali hingga keadaan nelayan di Pangandaran. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) itu pun tak menampik bila Anies turut bercerita soal kondisi politik terkini di Tanah Air. 

"Berbincang banyak hal dengan Pak Anies Baswedan, mulai dari membuat minyak kemiri, simulator pesawat, pentingnya selalu membawa tumbler, keadaan nelayan di Pangandaran, hingga survival kit di rompi saya. Tentu sambil mendengarkan Beliau cerita tentang situasi politik terkini," kata Susi di akun Instagramnya yang diunggah malam ini. 

Kolom komentar di Instagram Susi pun dibanjiri dukungan agar pemilik  maskapai Susi Air itu bersedia dipinang oleh Anies menjadi bakal cawapres di Pemilu 2024. 

Baca Juga: Lelucon Susi saat Ditemui Anies Baswedan: Somebody Stole the Sun

2. Susi Pudjiastuti sopiri Anies dengan mobil pikap tanpa AC

NasDem Akui Susi Pudjiastuti Penuhi Kriteria Jadi Bacawapres AniesEks Menteri KKP, Susi Pudjiastuti ajak Anies Baswedan berkeliling Pangandaran. (Dokumentasi Istimewa)

Usai menikmati sarapan lontong sayur di kediaman Susi, pengusaha sukses itu kemudian mengajak Anies menuju ke tempat pelelangan ikan di Pangandaran. Susi lalu menyopiri Anies dengan mobil pikap dengan sistem manual. Bahkan, di mobil itu tidak dilengkapi pendingin udara atau AC. 

"Karena Pangandaran ini anginnya enak, jadinya paling pas kalau naik pikap," ungkap Susi seperti direkam dalam video di Insta Story milik Anies dan dikutip pada Selasa (25/7/2023). 

Alih-alih menggunakan pendingin udara, Susi memasang dua kipas angin kecil di bagian depan. Ia akan nyalakan bila suasana udara di Pangandaran mulai panas. Di video itu, Susi juga menyebut bahwa ia peduli terhadap isu semakin menumpuknya sampah plastik. Oleh sebab itu, ke mana pun ia pergi ia selalu membawa botol minum. 

"Saya orang yang peduli dengan sampah plastik. Maka ke manapun saya bawa tumbler sendiri. Mau siapapun tamu yang datang," tutur mantan Menteri Kelautan dan Perikanan itu. 

Anies pun salut terhadap sikap konkrit Susi untuk mencegah semakin bertambahnya sampah plastik. 

3. Warganet heboh dan menjodohkan agar Susi jadi bakal cawapres Anies

NasDem Akui Susi Pudjiastuti Penuhi Kriteria Jadi Bacawapres AniesBakal capres Anies Baswedan ketika bertemu eks Menteri KKP, Susi Pudjiastuti di Pangandaran. (Dokumentasi Istimewa)

Melihat dokumentasi kebersamaan mereka diunggah di media sosial, warganet pun sibuk menjodohkan Susi menjadi bakal cawapres Anies di pemilu 2024. Menurut mereka, dengan keduanya bukan merupakan kader partai politik tertentu, maka bisa terhindar menjadi petugas partai. 

"Dua-duanya bukan kader partai sepertinya baik untuk kemajuan bangsa ini karena ada istilah petugas partai. Lanjutkan, Pak, Bu. Doa dari masyarakat Indonesia tentunya," demikian cuit seorang warganet. 

"Insya Allah ini yang terbaik bagi bangsa ini," cuit warganet lainnya sambil mengunggah foto Anies dan Susi. 

"Pinang saja Pak, Bu Susi sebagai cawapres. Saya yakin akan banyak rakyat yang mendukung bapak. Bu Susi sosok yang sangat berintegritas tinggi. Bukan tokoh yang mudah diajak cawe-cawe oknum-oknum mafia politik. Dia figur yang tegas dan disegani baik kawan atau lawan," kata warganet lainnya. 

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Sopiri Anies Baswedan, Ajak Keliling Pangandaran

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya