Panglima TNI dan 3 Kepala Staf Kompak Pakai PDU di Sidang Tahunan MPR

Yudo dan Dudung bakal pensiun pada akhir 2023

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono hadir dalam Sidang Tahunan MPR RI, Rabu (16/8/2023). Ia tiba didampingi tiga kepala staf angkatan yakni Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Baik Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan, semuanya mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Ini menjadi sidang tahunan MPR RI yang dihadiri untuk kali terakhir oleh Yudo dan Dudung. Sebab, keduanya bakal memasuki masa pensiun pada penghujung 2023.

Dudung bakal pensiun pada 19 November 2023. Sementara, Yudo akan memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023. Sebelum masuk, Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan terlihat berfoto bersama dengan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo. TNI dan Polri kerap menegaskan mereka solid dan kompak.

Saat memasuki ruang Rapat Paripurna I, tiga kepala staf angkatan itu duduk berdekatan. Sementara dari pantauan, Dudung duduk di samping Ketua KPK Firli Bahuri di bagian balkon.

Sedangkan Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah tiba mengenakan pakaian adat bersama Iriana Jokowi sekitar pukul 08:30 WIB. Ini bakal menjadi pidato tahunan kali terakhir yang disampaikan oleh Jokowi di Jakarta. Sebab, tahun depan diharapkan pidato tahunan akan disampaikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Pada 2024, Indonesia juga bakal memiliki presiden baru yang menggantikan Jokowi usai selama 10 tahun berkuasa.

Baca Juga: Jokowi Pakai Baju Adat Tanimbar Maluku di Sidang Tahunan MPR 2023

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya