Prabowo: Saya Bangga, Anak Muda Kita Punya Keberanian Jadi Pengusaha

Turut hadir Arief Muhammad dan Juragan 99 di rumah makan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, makan siang bersama di rumah makan Padang dengan influencer dan jurnalis pada Minggu, 25 Juni 2023. Ia santap siang dan berbincang di Rumah Makan Payakumbuh di daerah Kemang, Jakarta Selatan.

Sebagaimana diketahui, Rumah Makan Payakumbuh merupakan usaha milik Arief Muhammad. Rumah makan di cabang tersebut dibuka dengan menggandeng Gilang Widhia Pramana atau yang biasa dikenal dengan Juragan 99. 

Selain Arief Muhammad, ada pula content creator yang hadir dalam acara makan siang tersebut, seperti pendiri Ternak Uang Felicia Putri Tjiasaka dan Ferry Irwandi dan beberapa orang lainnya. 

Prabowo mengaku bangga dan bahagia karena banyak sosok anak muda yang berani menjadi pengusaha. Dengan begitu, maka bisa membuka lapangan kerja bagi lebih banyak orang. 

"Saya gembira dan bangga, anak-anak muda kita punya keberanian sebagai pengusaha. Ini adalah generasi muda yang optimistis, berani berusaha, dan tidak hanya foya-foya. Mereka juga benar-benar berusaha dan berinisiatif menciptakan lapangan kerja," kata Prabowo seperti dikutip dari keterangan tertulis pada Senin (26/6/2023). 

Prabowo menyantap sejumlah menu Padang di rumah makan yang dikelola Arief Muhammad tersebut. Sejumlah menu itu antara lain daging rendang, ayam pop, dendeng batokok lado hijau, dendeng batakok lado merah, telur barendo, kerupuk kuah gulai, ikan salai, ayam goreng, dan gulai daging cincang. 

1. Partai Gerindra unggul di daerah Sumatera Barat dalam pemilu 2019 lalu

Prabowo: Saya Bangga, Anak Muda Kita Punya Keberanian Jadi PengusahaKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto ketika menemui para influencer di RM Payakumbuah, Kemang milik pengusaha Arief Muhammad. (Dokumentasi Media Menhan)

Pemilihan lokasi pertemuan dengan para influencer dan jurnalis di rumah makan Padang, diduga tak lepas dari fakta raihan suara terbanyak Gerindra pada pemilu 2019 lalu ada di Sumatera Barat. Berdasarkan data resmi dari Komisi Pemilihan Umm (KPU), Gerindra berhasil meraih 560.835 suara. Mereka menang telak dengan raihan 86 persen suara dan tertinggi se-Indonesia.

Di bawah Gerindra terdapat Partai Amanat Nasional (PAN) dengan jumlah 412.483 suara. Lalu, di peringkat ketiga ada Partai Demokrat yakni dengan meraih 371.058 suara. 

Dalam kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat pada April 2023 lalu, Prabowo mengakui ia berutang budi kepada warga Minang. Ia kemudian menyerahkan 20 unit mobil ambulans untuk 19 RSUD kabupaten dan kota di Sumbar. 

"Ambulans-ambulans ini adalah bukti dukungan kami untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Semoga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk masing-masing RSUD," kata Prabowo. 

Pria yang kini menjabat sebagai Menhan itu pun mengaku tidak ingin datang ke Sumbar bila tak membawa apa-apa. Ia mengaku terharu karena warga Minang begitu setia kepada dirinya dan keluarga. 

"Untuk tadi saya katakan utang budi saya kepada rakyat Minang. Dari kecil, keluarga saya selalu didukung oleh rakyat Minang. Saya terharu, orang tua saya masih dikenal di sini," ujarnya lagi. 

Baca Juga: Jokowi Ajak Prabowo Makan, Puan: Sesuai Posisi Beliau sebagai Presiden

2. Prabowo merupakan capres yang dipilih paling banyak oleh generasi Z di pemilu 2024

Prabowo: Saya Bangga, Anak Muda Kita Punya Keberanian Jadi PengusahaMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto/pri.)

Sementara, hasil survei Litbang Kompas pada 29 April 2023-10 Mei 2023 menunjukkan, Prabowo merupakan sosok capres yang paling banyak dipilih warga yang berusia 17-26 tahun. Berdasarkan hasil survei, 32,7 persen generasi Z memilih Prabowo sebagai capres bila pemilihan presiden berlangsung pada masa jajak pendapat.

"Tercatat proporsi gen Z yang memilih Prabowo lebih besar dari rerata seluruh generasi, yakni mencapai 32,7 persen," tulis hasil survei Litbang Kompas. 

Di bawah Prabowo terdapat Ganjar Pranowo 24,5 persen; Anies Baswedan 10 persen; Ridwan Kamil 8,5 persen; Sandiaga Uno 2,4 persen; dan Agus Harimurti Yudhoyono 0,6 persen.

Selain generasi Z, elektabilitas Prabowo juga berada di posisi teratas pada generasi Y atau warga berusia 27-41 tahun. Di kalangan generasi Y, Prabowo memiliki elektabilitas sebesar 23,9 persen, terpaut tipis dengan Ganjar Pranowo 23,1 persen. Sementara itu, di kalangan generasi X (42-55 tahun) dan baby boomers (56-74 tahun), elektabilitas Ganjar lebih unggul tipis dibandingkan Prabowo. 

Ganjar meraih elektabilitas 22,5 persen. Sedangkan, Prabowo meraih 20,5 persen elektabilitas suara. 

3. Prabowo populer di kalangan generasi Z karena tak alami langsung isu pelanggaran HAM

Prabowo: Saya Bangga, Anak Muda Kita Punya Keberanian Jadi PengusahaMenhan Prabowo Subianto di forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 di Singapura, Sabtu (3/6/2023) (Tim Prabowo)

Sementara, sejumlah pihak mengakui cara pendekatan Prabowo di pemilu 2024 sudah berubah. Ia terlihat jelas lebih merangkul generasi muda. Salah satunya, melalui media sosial.

Selain itu, pemilih Gen Z merupakan mereka yang tidak pernah mengalami masa transisi dari era Orde Baru ke Reformasi pada 1998. Pada era itu, rekam jejak HAM Prabowo selama ini dipertanyakan karena dia diduga terkait dengan penghilangan aktivis. 

Peneliti Indikator Politik Indonesia (IPI), Bawono Kumoro, isu pelanggaran HAM di masa lalu dianggap belum tentu dijadikan pertimbangan pemilih generasi Z menentukan pilihan. 

“Bagi mereka yang mengalami periode ’98 saja isu HAM belum tentu dianggap penting.  Apalagi oleh Gen Z yang tidak mengalami, bagaimana mungkin mereka punya awareness dan bisa menjadikan isu ini sebagai pertimbangan utama dalam memilih,” kata dia kepada IDN Times pada Senin (26/6/2023). 

Baca Juga: Prabowo: RI Seluas Benua Eropa tetapi Operasional Jet Tempur Terbatas

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya