Jokowi Ajak Prabowo Makan, Puan: Sesuai Posisi Beliau sebagai Presiden

Puan juga anggap relasinya dengan Jokowi dekat

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani menilai acara makan siang antara Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merupakan hal wajar. Puan menyebut, hal itu tak mengindikasikan dukungan terhadap Prabowo di Pemilu 2024.

"Itu kan sesuai dengan posisi Beliau sebagai Presiden, di mana setiap ada kesempatan untuk bisa berdialog, berbincang, tanpa kemudian (dipersepsikan) kalau dekat sama ini seperti ini, lalu dekat sama ini seperti itu," ungkap Puan di dalam keterangan tertulis dan dikutip, pada Selasa (20/6/2023).

Puan yakin Jokowi tegak lurus mendukung penuh bakal capres PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

"Menurut saya (kedekatan Jokowi dan Prabowo) adalah satu hal yang wajar dilakukan oleh Presiden. Kalaupun akhirnya diartikan berbeda ya monggo saja," tutur dia. 

Prabowo sering terlihat bersama Presiden Jokowi beberapa waktu terakhir. Sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo sering mendampingi Jokowi di acara kenegaraan. Prabowo juga beberapa kali bertemu anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga: Jokowi soal Makan siang dengan Prabowo: Itu Biasa

1. Puan mengaku dekat dengan Jokowi

Jokowi Ajak Prabowo Makan, Puan: Sesuai Posisi Beliau sebagai PresidenKetua DPR Puan Maharani ketika berfoto dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Jan Ethes di Stadion Gelora Bung Karno pada 19 Juni 2023. (www.instagram.com/@puanmaharani)

Puan juga mengaku dekat dengan Jokowi. Saat menonton pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia vs Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Puan duduk tak jauh dari Jokowi.

"Saya merasa dekat dengan Pak Jokowi. Buktinya, menurut saya, setiap acara yang saya hadiri derngan Pak Jokowi, Pak Jokowi juga akrab dengan saya," ungkap Puan. 

Ia juga terlihat sempat berfoto bersama Jokowi dan cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra. Puan juga mengingatkan publik Jokowi tidak hanya melakukan pertemuan intens bersama Prabowo. Mantan Wali Kota Solo itu juga sempat terlihat mengajak Ganjar Pranowo makan bersama. 

"Kemarin saya ketemu Pak Jokowi juga. Nonton bola juga sama Pak Jokowi. Jadi, (relasi) saya gak dianggap intens?" kata Puan. 

Puan menegaskan, dukungan Jokowi terhadap capres sudah final, yakni terhadap Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Jokowi soal Makan siang dengan Prabowo: Itu Biasa

2. Makan siang biasa bersama menteri

Jokowi Ajak Prabowo Makan, Puan: Sesuai Posisi Beliau sebagai PresidenPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Sementara itu, Presiden Jokowi mengaku santap siang bersama Prabowo itu merupakan hal yang biasa. Jokowi rutin bertemu para menteri, baik di hari kerja atau akhir pekan.

"Ya itu biasa, saya itu ketemu dengan para menteri tidak hanya di hari Senin sampai Jumat. Tetapi juga di hari Sabtu dan Minggu, biasa. Hanya ada yang diunggah dan tidak diunggah," ujar Jokowi di Gresik pada hari ini. 

Jokowi menyebut, pertemuan itu bermula ketika Prabowo meminta waktu untuk menyampaikan hal penting. Namun, Jokowi tak menjelaskan hal penting itu.

"Kemarin karena memang Pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikan sesuatu yang penting, ya hari Minggu pun saya (terima). Jangan dipikir saya tidur lho hari Minggu. Jadi saya terima, karena jamnya pas jam 1 ya makan siang," tutur dia lagi.

Baca Juga: Pengakuan Jokowi Soal Ulang Tahun: Orang Desa, Gak Pernah Dirayakan

3. Jokowi bahas isu politik saat santap siang dengan Prabowo

Jokowi Ajak Prabowo Makan, Puan: Sesuai Posisi Beliau sebagai PresidenPresiden Jokowi dan Prabowo Subianto menyapa warga di Pasar Anom, Kabupaten Sumenep. (instagram.com/prabowo)

Jokowi tak menampik membahas isu politik ketika santap siang dengan Menteri Pertahanan itu.

"Ya utamanya (membahas) politik, saya ngomong apa adanya," kata dia. 

Ia pun menyebut tidak hanya pernah mengajak Prabowo untuk makan bersama. Sejumlah menteri lain pun juga pernah diundang ke Istana. Ia mengaku juga pernah makan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Biasa, sering juga makan malam makan siang dengan Pak Luhut (Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan) juga sering, cuma Pak Luhut gak diunggah (ke media sosial)," kata Jokowi.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Istana Ungkap Obrolan Jokowi Saat Makan Siang Bareng Prabowo di Bogor

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya