Terungkap Asal Kata 'Sayang' di Rapat Komisi 3 DPR, Dilaporkan ke MKD

Habiburokhman yang sempat dicurigai langsung membantah

Jakarta, IDN Times - Setelah heboh diperbincangkan, akhirnya terungkap asal suara perempuan yang mengucapkan kata 'sayang' di tengah rapat Komisi III DPR bersama Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, pada Rabu 24 Agustus 2022 lalu.

Rupanya suara itu berasal dari ponsel milik anggota Komisi III asal Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Aboe Bakar Alhabsyi. Diduga ketika rapat masih berjalan, ia tak mematikan mikrofon lalu berkomunikasi melalui ponsel. 

Kini, insiden memalukan itu berujung pelaporan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Di dalam dokumen tanda terima pengaduan yang dilihat oleh IDN Times, pihak pelapor diketahui bernama Bagues Yoga Nandita. 

"Hari Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 15:00 WIB, saya selaku warga negara melakukan pelaporan dugaan Habib Aboe Bakar Alhabsyi ke MKD DPR terkait telepon tak patut saat rapat di Komisi III," demikian isi keterangan tertulis Bagues pada Kamis, 25 Agustus 2022. 

Menurut Bagues, insiden semacam ini bukan kali pertama dilakukan oleh Aboe Bakar. Sebelumnya, kata Bagues, ketika uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung beberapa waktu lalu, Aboe Bakar juga diketahui sedang menelepon seorang perempuan. 

"Belum tentu pula yang dihubungi itu istrinya," kata dia. 

Kejadian kedua, lanjut Bagues, ketika Aboe Bakar menghadiri rapat kerja dengan Kapolri pada 24 Agustus 2022 lalu. "Tiba-tiba dari telepon selulernya ada seorang perempuan berkata 'sayang'. Belum jelas juga perempuan itu istrinya atau bukan," ujarnya lagi. 

Karena itu, ia berharap agar MKD bisa memanggil dan memeriksa yang bersangkutan secepatnya. Bagues juga meminta bila terbukti ada pelanggaran yang telah dilakukan, MKD menjatuhkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Hal ini dinilai ironis, karena Sekjen PKS itu merupakan Ketua MKD. Tapi, kini ia justru dilaporkan karena diduga telah melanggar kode etik sebagai anggota parlemen. 

Apa kata anggota MKD lainnya terkait laporan tersebut?

1. Habiburokhman jelaskan kronologi kemunculan suara 'sayang' saat ia interupsi

Terungkap Asal Kata 'Sayang' di Rapat Komisi 3 DPR, Dilaporkan ke MKDAnggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra, Habiburokhman (Youtube.com/DPR RI)

Semula publik mengira suara 'sayang' itu muncul dari ponsel anggota Komisi III dari Fraksi Partai Gerindra, Habiburokhman. Sebab, suara itu terdengar di mikrofon ketika ia sedang mengajukan interupsi soal kesimpulan hasil rapat dengan Kapolri. 

"Jadi, saya lagi interupsi tiba-tiba ponsel milik rekan yang duduk di jajaran sebelah kiri saya berbunyi, ada suara wanita (dan bilang) 'sayang'," ungkap Habiburokhman kepada media, Kamis 25 Agustus 2022. 

Ia pun mengaku tidak tahu siapa perempuan yang menghubungi koleganya itu. "Tapi, mungkin istri beliau telepon," tutur dia lagi. 

Meski begitu, Habiburokhman tidak bersedia mengonfirmasi apakah suara perempuan itu berasal dari ponsel Aboe Bakar (PKS). Ia mempersilakan publik untuk memutar ulang tayangan rapat yang disiarkan pada 24 Agustus 2022 itu. 

Ia mengaku, sempat dicurigai oleh pemilih dari dapilnya di wilayah Jakarta Timur bahwa suara perempuan tersebut berasal dari ponselnya. Namun, ia tegas membantah suara tersebut bukan dari ponselnya. 

"Kalau lihat di televisi, kesannya saya memang jadi tertuduh. Tapi, yang di ruangan tahu kok situasinya. Pokoknya lucu," kata Habiburokhman. 

Baca Juga: Insiden Mik Bocor, Kata Sayang Terdengar di Rapat DPR dengan Kapolri

2. Wakil Ketua MKD mengaku heran apa yang dilanggar oleh Aboe Bakar Alhabsyi

Terungkap Asal Kata 'Sayang' di Rapat Komisi 3 DPR, Dilaporkan ke MKDSekretaris Jendral PKS, Aboe Bakar Alhabsy (Dok. PKS)

Di sisi lain, Habiburokhman yang duduk sebagai Wakil Ketua MKD, membenarkan adanya pelaporan terhadap rekannya. Ia mengatakan, MKD DPR bakal mempelajari laporan itu. 

"Ya, saya baru dapat laporan dari staf pada Kamis sore. Hari Jumat baru kami pelajari, apa substansi laporan tersebut," ungkap Habiburokhman.

Namun, ia mengaku heran karena tak paham apa yang telah dilanggar oleh Aboe Bakar. "Saya bingung, apa yang dilanggar oleh Habib Aboe. Apa yang salah ya? Tapi, besok saya kasih keterangan detail setelah baca laporan," tutur dia. 

Sementara, IDN Times telah meminta tanggapan kepada Aboe Bakar Alhabsyi. Namun, hingga tulisan ini diturunkan, belum ada respons yang diberikan. 

3. Komisi III sempat heboh terdengar kata 'sayang' saat interupsi rapat dengan Kapolri

Terungkap Asal Kata 'Sayang' di Rapat Komisi 3 DPR, Dilaporkan ke MKDPosisi duduk anggota komisi III Habib Aboe Bakar Al Habsyi (PKS) yang sederet dengan Supriansa (Golkar) dan Arteria Dahlan (PDIP) dalam rapat dengan Kapolri pada 24 Agustus 2022. (Tangkapan layar YouTube IDN Times)

Sementara, ketika diperhatikan, posisi duduk Habiburokhman memang berada di deretan yang sama dengan Aboe Bakar. Sekjen PKS itu terlihat duduk paling pojok dan di samping politikus Partai Golkar, Supriansa. Di samping Supriansa terdapat Arteria Dahlan dari Fraksi PDI Perjuangan. 

Kemunculan kata 'sayang' saat tengah membacakan hasil kesimpulan sempat membuat heboh peserta rapat. Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo pun sampai tersenyum. Ketua Komisi III Bambang 'Pacul' Wuryanto kemudian mengambil alih situasi agar rapat bisa kembali fokus. 

"Tenang dulu. Ini interupsi yang bikin ketawa, jadi mohon dimaafkan. Karena ini interupsi yang secara tiba-tiba, bikin hati berdebar-debar kan," ungkap politikus PDI Perjuangan itu.

https://www.youtube.com/embed/DCOTW9LAKKc

Baca Juga: Mahfud-Komisi III Debat Sengit, soal Perlukah Kompolnas Dipertahankan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya