Comscore Tracker

10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannya

Lady Gaga berikan dukungan untuk penderita lupus, lho!

Jakarta, IDN Times - Hari ini adalah hari yang penting bagi para penderita lupus di dunia, karena 10 Mei diperingati sebagai Hari Lupus Sedunia. Apakah kamu familiar dengan penyakit lupus?

Mengutip dari berbagai sumber, lupus adalah penyakit autoimun kronis yang membuat penderitanya mengalami peradangan pada beberapa bagian tubuh seperti di kulit, sendi,
ginjal, dan bahkan otak.

Berdasarkan data World Health Organization (WHO) jumlah penderita lupus di dunia
mencapai lima juta orang. Penyebab lupus sampai saat ini belum bisa diketahui dengan pasti. Namun, faktor genetik dan juga lingkungan kerap kali menjadi salah satu penyebabnya.

Terdapat beberapa gejala yang mengindikasikan bahwa seseorang menderita lupus. Pertama, sendi yang kaku dan nyeri, kemudian terdapat ruam di kulit yang biasanya muncul di bagian wajah dan hidung, mudah lelah, berat badan menurun, demam tanpa alasan yang jelas, dan jari-jari tangan serta kaki terlihat pucat.

Penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Namun, dengan melakukan pengobatan penderita
bisa mencegah terjadinya perkembangan penyakit yang diderita serta mengurangi
keluhan-keluhan yang dirasakan.

Lupus tidak bisa dicegah. Namun, dengan menerapkan pola hidup yang sehat serta rutin
cek kesehatan ke dokter kamu bisa mengurangi potensi terkena penyakit ini.

Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang sejarah dan cara merayakan Hari Lupus Sedunia, simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!

1. Sejarah Hari Lupus Sedunia

10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara MerayakannyaIDN Times/Humas UGM

Sebelum sampai pada cara merayakan Hari Lupus Sedunia, penting bagi kamu untuk mengetahui awal mula hari yang spesial bagi penderita lupus ini.

Hari Lupus Sedunia ini dibuat oleh komunitas Lupus di Kanada pada tahun 2004 dengan tujuan mengedukasi masyarakat terutama untuk mereka yang menderita penyakit ini beserta keluarga yang merawatnya.

Kemudian negara-negara lainnya turut merayakan Hari Lupus ini dengan beragam rangkaian kegiatan. Ada yang memberikan seruan kepada pemerintah mereka untuk terus melakukan riset dan mencari pengobatan yang tepat untuk penyakit ini, ada juga yang memberi dukungan kepada penderita.

Baca Juga: Penyakit Lupus: Gejala dan Penyebabnya yang Perlu Diwaspadai

2. Cara merayakan Hari Lupus Sedunia

10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara Merayakannyailustrasi wajah pasien lupus (azimute.med.br)

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berpartisipasi merayakan atau memperingati Hari Lupus Sedunia. Pertama, kamu bisa hadir di dalam acara yang diselenggarakan oleh komunitas lupus. Kamu juga bisa menggunakan pakaian berawarna ungu, karena warna tersebut identik dengan Hari Lupus.

Selanjutnya, kamu bisa mengunjungi halaman resmi Hari Lupus Sedunia dan menandatangani petisi yang berisi tentang membantu para penderita lupus. Agar mereka bisa mendapatkan perhatian yang layak dari orang-orang yang ahli di bidang kesehatan dan juga para politisi.

Lalu, apabila kamu memiliki media sosial, maka kamu bisa mengajak masyarakat
untuk berpartisipasi di dalam kampanye tentang hari lupus. Kampanye bisa berupa
mengunggah sebuah poster tentang penyakit ini atau memberi semangat kepada
para penderita agar mereka kuat menghadapi penyakit lupus.

3. Tujuan dirayakannya Hari Lupus Sedunia

10 Mei Hari Lupus Sedunia: Cara MerayakannyaHari Lupus Sedunia (happydays365.org)

Hari Lupus Sedunia dirayakan atau diperingati dengan berbagai tujuan, seperti untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit lupus. Juga, mempertemukan penderita penyakit lupus untuk saling menguatkan satu sama lain.

Untuk memberi dukungan kepada para penderita lupus, selebriti ternama seperti Lady Gaga dan Daniel Radcliffe pun berkontribusi di dalam sebuah komunitas lupus di Amerika yaitu Lupus Association of America.

Itu adalah informasi tentang Hari Lupus Sedunia dan cara merayakannya. Apabila kamu memiliki kerabat dekat yang sedang berjuang melawan penyakit lupus, jangan lupa beri mereka semangat hari ini, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Soal Lupus yang Banyak Belum Diketahui Orang Awam

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya