Rekor Baru! Pengguna Bus TransJakarta Tembus 280 juta 

Rekor tertinggi selama TransJakarta beroperasi

Jakarta, IDN Times - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melaporkan 280 juta jumlah pelanggan pada 2023. Laporan data tersebut menunjukkan kenaikan 47 persen pelanggan dari tahun 2022.

Direktur Utama TransJakarta, Welfizon Yuza, menyampaikan, jumlah pengguna TransJakarta tahun ini menjadi rekor tertinggi selama 20 tahun TransJakarta beroperasi.

"Jumlah pelanggan meningkat dua kali lipat (tahun) 2023. Angka tertinggi yang kita capai adalah 1,169 juta. Dari 2014, butuh waktu kira-kira 10 tahun untuk naik dari tiga ratusan ribu mencapai angka satu juta," terang Yuza dalam konferensi pers TransJakarta di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, (16/1/2024).

Selama tahun 2023, kata dia, pelanggan TransJakarta mencapai 1,1 juta pelanggan setiap harinya.

Baca Juga: Dishub DKI Targetkan 340 Juta Penumpang Naik TransJakarta Tahun Ini

1. Optimalisasi tata ruang publik untuk pemberdayaan masyarakat

Rekor Baru! Pengguna Bus TransJakarta Tembus 280 juta Pemaparan data cakupan layanan TransJakarta tahun 2023. (IDN Times/Sherlina Purnamasari)

PT TransJakarta juga berkomitmen terus menambah fasilitas-fasilitas penunjang kenyamanan publik di dalam bus dan halte.

Direktur Pelayanan dan Bisnis TransJakarta, Fadly Hasan, menjelaskan, pendapatan Non-Fare Box (NFB) TransJakarta tahun 2023 mencapai Rp120 miliar. Nominal tersebut meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2022, yakni Rp61,3 miliar.

"Skor indeks kepuasan pelanggan 2023 adalah 4,42 dari skala 5,00," kata Fadly.

Baca Juga: Halte TransJakarta di 13 Koridor Berubah Nama, Ini Daftarnya!

2. Penurunan accident rate secara signifikan

Rekor Baru! Pengguna Bus TransJakarta Tembus 280 juta (Ilustrasi ditabrak) IDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta, Daud Joseph turut memaparkan jumlah data accident rate yang menurun dari 0.74 pada Maret 2023 menjadi 0,34 pada Desember 2023. Kalkulasi penurunan angka ini mencapai 54 persen.

"0,74 kira kira ada 74 kecelakaan dalam 10 juta kilometer. Dan angka ini terus menurun secara overtime karena kita perbaiki secara serius. Pada akhir bulan desember kita achieve the lowest point 0,34," kata Joseph.

Baca Juga: Stiker Heru di Halte TransJakarta, DPRD Minta Diganti Lebih Netral 

3. Resolusi TransJakarta dalam meningkatkan pelayanan publik

Rekor Baru! Pengguna Bus TransJakarta Tembus 280 juta ilustrasi halte transjakarta (instagram.com/pt_transjakarta)

Tahun 2024, PT TransJakarta berencana meningkatkan pengalaman masyarakat yang berkesan dalam menaiki angkutan umum.

TransJakarta menargetkan 340 juta pelanggan pada 2024 dengan peningkatan sebesar 30 persen jauh melampaui pencapaian tahun lalu.

Joseph menjelaskan empat rencana utama perusahaan moda transportasi tersebut tahun 2024.

Pertama, melakukan restrukturisasi rute yang bertujuan untuk mengevaluasi rute-rute dari segi efektivitas operasionalnya.

"Melihat lagi satu per satu rute yang kita operasikan (240 rute)," kata Joseph.

Kedua, membenahi tempat pelanggan menunggu bus-bus feeder. Dalam hal ini, PT TransJakarta bertekad memaksimalkan tempat yang nyaman bagi publik. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi menaiki angkutan umum.

"Buat mereka nyaman menunggu. Harus ada shading, harus ada tempat duduk, harus ada tempat perlindungan dari tempias," jelasnya.

Ketiga, menambah rute-rute bus feeder. Joseph mengatakan, ada rute-rute bus feeder di sekeliling Jakarta yang sedang dirumuskan oleh PT TransJakarta bersama Badan Pengelola Transportasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (BPTJB). Keempat, memperbaiki journey experience.

"Ketika rute-rute sudah terjangkau, dalam bus TJ, dalam halte TJ, itu experience apa yang mau kita tambah? Itu yang akan menambah motivasi mereka untuk naik TransJakarta. Meningkatkan faktor pull, memastikan mereka mau naik angkutan umum," lanjutnya.

Diketahui, sepanjang tahun 2023, PT TransJakarta juga telah meluncurkan 100 bus listrik dalam rangka membantu Kota Jakarta melawan emisi global.

Baca Juga: Kejutan di Halte Transjakarta Bundaran HI Astra, Ada Apa?

4. Program #BersihBerdayaBestari

Rekor Baru! Pengguna Bus TransJakarta Tembus 280 juta transjakarta (instagram.com/pt_transjakarta)

Lebih lanjut, layanan bus TransJakarta juga memiliki program #BersihBerdayaBestari yang mendukung visi Indonesia dalam menurunkan emisi.

Bersih, TransJakarta bertanggung jawab menghadirkan layanan transportasi publik yang ramah lingkungan.

"Komitmen ini telah terbukti dengan hadirnya 100 bus listrik, penanaman 23.766 mangrove dalam gerakan penanaman mangrove oleh ekosistem TransJakarta," kata Welfizon Yuza.

Berdaya, TransJakarta tumbuh dan berkembang bersama koperasi, UMKM, dan usaha lokal.

"Kita punya operator itu ada 20, setengah di antaranya koperasi, dengan kerja sama dan intergrasi dengan transjakarta, akases pendanaan mulai terjadi dan bisa tumbuh bersama. Kita juga menyiapkan ruang untuk UMKM bisa bertumbuh bersama," kata dia.

Bestari, TransJakarta berkomitmen menyediakan layanan yang inklusif dan mudah diakses masyarakat,

"Halte-halte semua dibangun ramah dengan disabilitas dan bisa diakses oleh semua orang," tambahnya.

Baca Juga: Iklan Videotron Anies Kena Take Down, Ini Penjelasan Pemkot Bekasi

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya