Resmi Dibuka, Jakarta Ramadan Fair 2024  Sajikan Beragam Kuliner

Kamu bisa ngabuburit di Jakarta Ramadan Fair 2024

Jakarta, IDN Times - Festival “Jakarta Ramadan Fair 2024” resmi dibuka dan akan berlangsung lima hari, mulai 15 hingga 20 Maret 2024 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Kegiatan ini menghadirkan berbagai bazar makanan dan produk kreatif yang menjadi incaran warga selama Ramadan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Jakarta Ramadan Fair 2024 pada Jumat, 15 Maret 2024. Ia mengapresiasi penyelenggaraan acara tersebut dalam meningkatkan kecintaan masyarakat pada budaya Indonesia.

“Saya mengapresiasi kolaborasi dari Forum Pemuda Betawi dan Pemprov DKI Jakarta dalam penyelenggaraan acara ini, yang akan memberi motivasi dan inspirasi masyarakat. Karena mencintai budaya juga mencintai pariwisata,” kata Sandiaga.

Baca Juga: 5 Kegiatan Seru Akhir Pekan saat Ramadan, Bisa Sambil Ngabuburit!

1. Tersedia beragam makanan khas Ramadan

Resmi Dibuka, Jakarta Ramadan Fair 2024  Sajikan Beragam KulinerDok. Kemenparekraf

Lapangan Banteng dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Jakarta Ramadan Fair 2024 dengan pertimbangan lokasi yang strategis. Hal ini dapat memudahkan akses pengunjung dari berbagai wilayah di Jakarta. 

Hidangan yang tersedia akan menyegarkan mata pengunjung, mulai dari ketupat, opor ayam, sate, kolak, kue tradisional, dan makanan lainnya. Dengan aneka pilihan tersebut, pengunjung dapat menjadikan Jakarta Ramadan Fair ini sebagai opsi berbuka puasa. 

Festival kuliner Ramadan ini memanjakan pengunjung dengan menyediakan hidangan pembuka hingga penutup yang nikmat. Karena itu, Menparekraf mengajak masyarakat datang meramaikan acara tersebut.

Baca Juga: Uniknya Masjid Sultan Riau Penyengat, Berbalut Kuning Telur

2. Seputar Jakarta Ramadan Fair 2024

Resmi Dibuka, Jakarta Ramadan Fair 2024  Sajikan Beragam KulinerDok. Kemenparekraf

Selain kuliner, Jakarta Ramadan Fair juga menawarkan produk pakaian tradisional, kerajinan tangan, hiasan rumah, perhiasan, dan pernak-pernik lain. Pengunjung bisa berkeliling dan mendapatkan hiburan pertunjukan musik tradisional dan pentas seni. 

Selain itu, acara ini juga diramaikan dengan perlombaan yang menarik, kelas memasak, dan kegiatan sosial yang melibatkan partisipasi masyarakat.

“Acara ini juga akan mendukung pergerakan wisatawan nusantara pada momen libur Lebaran kali ini, yang berpotensi mencapai 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebesar 193,6 juta orang,” ucap Sandiaga.

Baca Juga: Selama Ramadan, Masjid Raya Al-A’zhom Sediakan Ratusan Takjil Gratis

3. Menggerakkan minat masyarakat untuk mencintai budaya Indonesia

Resmi Dibuka, Jakarta Ramadan Fair 2024  Sajikan Beragam KulinerDok. Kemenparekraf

Sementara, Ketua Umum Forum Pemuda Betawi, Geraldi Aldi Bangsawan, mengatakan gelaran Jakarta Ramadan Fair 2024 bertujuan untuk memeriahkan bulan suci Ramadan, sekaligus mengajak masyarakat Jakarta bersama-sama menikmati hidangan nusantara dan produk-produk lokal yang memanjakan mata. 

“Acara ini merupakan inisiasi dari Forum Pemuda Betawi, ini adalah kegiatan yang diharapkan dapat menyentuh langsung masyarakat,” tutur Geraldi.

Adapun Menparekraf hadir dalam peresmian Jakarta Fair 2024 didampingi Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu. 

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Hemat Selama Ramadan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya