Comscore Tracker

Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri Jokowi

Airlangga Hartarto akan hadir di IMGS 2022

Jakarta, IDN Times - Airlangga Hartarto tak hanya dikenal sebagai politikus, tapi juga pengusaha sukses yang sudah malang melintang lama di dunia bisnis. Kini, ia menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian, dan juga Ketua Umum Partai Golkar.

Airlangga Hartarto adalah putra Ir. Hartarto yang pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada Kabinet Pembangunan IV (1983-1988) dan Kabinet Pembangunan V (1988-1993), serta Menteri Koordinator bidang Produksi dan Distribusi (Menko Prodis) pada Kabinet Pembangunan VI (1993-1998).

Airlangga Hartarto menikah dengan Yanti K. Isfandiary dan memiliki anak bernama Adanti, Ravindra, Audi, Dines, Bianda, Latascha, Maisara, dan Natalie.

Belum lama ini, Airlangga Hartarto sempat diisukan akan digulingkan dari posisi Ketua Umum Golkar. Padahal, menurut politikus senior Golkar, Yorrys Raweyai, konsolidasi yang dilakukan Airlangga Hartarto selama ini cukup baik terhadap kepemimpinan di partainya.

“Konsolidasi yang dilakukan Airlangga Hartarto selama ini saya melihat cukup bagus dan tidak ada riak-riak yang muncul dari daerah atau pusat tentang ketidaksenangan mereka terhadap kepemimpinan Airlangga Hartarto,” ungkap Yorrys saat dihubungi IDN Times, Rabu, 11 Mei 2022.

Berikut sepak terjang karir dan profil Airlangga Hartarto di dunia politik dan usaha. 

Baca Juga: Survei: Mayoritas Pemilih PDIP dan Golkar Ingin Puan-Airlangga Nyapres

1. Riwayat pendidikan Airlangga Hartarto

Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri JokowiKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Airlangga Hartarto lahir di Surabaya, Jawa Timur, pada 1 Oktober 1962 atau kini menginjak usia 60 tahun. Lulusan SMA Kolese Kanisius Jakarta pada 1981 ini punya berbagai prestasi, baik akademik maupun nonakademik.

Berikut riwayat pendidikan Airlangga Hartarto:

  • SMA Kanisius, Jakarta, 1981
  • Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, UGM Yogyakarta, 1987
  • AMP Wharton School, University of Pennsylvania, Philadelphia, USA 1993
  • Master of Business Administration (MBA), Monash University, Australia 1996
  • Master of Management Technology (MMT), Melbourne Business School University of Melbourne, Australia 1997
  • Honorary Doctorate in Development Policy, The Korea Development Institite (KDI) School of Public Policy and Management, South Korea 2019.

2. Airlangga Hartarto menjadi pribadi yang aktif dalam organisasi dan politik

Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri JokowiKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Selain menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto saat ini juga menduduki Menteri Koordinator Bidang Perekonomian periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo dan Ma’ruf Amin.

Sebelumnya, Airlangga Hartarto pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada perombakan Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Airlangga Hartarto juga pernah menjabat Wakil Bendahara dalam Pengurus DPP Partai Golkar pada 2004-2009, dan tercatat sebagai Ketua DPP Partai Golkar pada 2009-2015. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Asosiasi Emiten Indonesia periode 2011-2014 dan Ketua Komisi VII DPR RI periode 2006-2009.

Selain itu, Airlangga Hartarto terpilih kembali menjadi anggota DPR periode 2009-2014 untuk daerah pemilihan Jawa Barat V, dan menjabat sebagai Ketua Komisi VI yang membidangi perindustrian, perdagangan, UKMK, Investasi, dan BUMN.

Pada 2006-2009 Airlangga Hartarto menjabat Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) dan Ketua Dewan Insinyur PII 2009-2012. Dia juga merupakan anggota Majelis Wali Amanah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta hingga 2012.

Tidak hanya itu, Airlangga Hartarto menjadi pemrakarsa Herman Johannes Award, suatu penghargaan bagi inovasi teknologi saat ia menjabat Ketua Keluarga Alumni Fakultas Teknik UGM (KATGAMA) pada 2003.

3. Airlangga Hartarto seorang pengusaha sukses sebelum menjabat menteri

Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri JokowiKetua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jl Anggrek Neli Murni, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, Senin (27/9/2021). (IDN Times/Sachril Agustin)

Berbekal ilmu yang dimiliki, Airlangga Hartarto memutuskan jadi pengusaha sukses setelah lulus kuliah, dan memulai banyak bisnis dengan berbagai perusahaan.

Airlangga Hartarto mendirikan PT Graha Curah Niaga yang bergerak di bidang agraria atau pupuk. Dia juga pernah menjadi presiden Komisaris dari PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (FASW) pada 1987. Kemudian, dia menjadi presiden PT Jakarta Prime Crane pada 1991.

Pada 1994, Airlangga Hartarto menduduki kursi presiden di PT Bisma Narendra dan PT Ciptadana Sekuritas. Ia juga pernah menjadi Komisaris PT Sorini Corporation Tbk (SOBI) pada 2004.

Pengalaman di dunia bisnis membuat Airlangga Hartarto dipercaya menjadi Ketua Umum Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) tiga periode, yaitu 2005-2008, 2008-2011, dan 2011-2014.

Baca Juga: Menko Airlangga: Inflasi Kita Masih Relatif Terkendali  

4. Kagum dengan ajaran Mahatma Gandhi soal 7 hal yang harus dihindari

Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri JokowiIDN Times/Fitria Madia

Airlangga Hartarto mengagumi ajaran Mahatma Gandhi menyangkut tujuh hal yang harus dihindari, yakni kaya tanpa bekerja, kesenangan tanpa kesadaran, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moral, ilmu tanpa kemanusiaan, penghargaan tanpa pengorbanan, dan politik tanpa prinsip.

Airlangga Hartarto juga pernah menulis buku Strategi Clustering dalam Industrialisasi Indonesia (terbitan Andi Offset, Yogyakarta, 2004).

5. Airlangga Hartarto akan hadir di IMGS 2022

Profil Airlangga Hartarto, Pengusaha Sukses yang Jadi Menteri JokowiMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Airlangga Hartarto akan menjadi salah satu pembicara dalam acara Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022, pada panggung Visionary Leaders yang diselenggarakan IDN Times.
Jika pada tahun-tahun sebelumnya acara ini diselenggarakan dengan nama Indonesia Millennial Summit, tahun ini IDN Media turut menjangkau para Gen-Z yang juga menjadi salah satu kelompok demografi terbesar dengan banyak potensi.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit akan dilakukan secara offline di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta Selatan, selama dua hari, 29-30 September 2022.

Mengusung tema Indonesia Fast Forward, acara ini akan menjadi platform bagi anak muda untuk bisa saling menginspirasi melalui berbagai macam kontribusi positif yang bisa diberikan bagi Indonesia.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 akan menghadirkan beragam sesi panel yang diisi oleh lebih dari 50 pembicara inspiratif di tiga panggung, yaitu Visionary Leaders, Future is Female, dan Talent Trifecta. Selain itu akan ada pertunjukan hiburan di Entertainment Stage bagi para pengunjung.

Topic:

  • Rendra Saputra
  • Rochmanudin
  • Anata Siregar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya