World Clean Up Days 2022, Ajak Warga Kurangi Sampah Sejak dari Rumah

Sampah jadi masalah besar jika tidak ditangani dengan baik

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, mengatakan, semua pihak memiliki tanggung jawab untuk mengurangi sampah di sumbernya atau sejak dari rumah tangga.

Hal itu, kata dia, lantaran setiap sampah yang dihasilkan akan menjadi masalah besar jika tidak ditangani dengan baik.

"Semua pihak bertanggungjawab terhadap sampah dengan peran dan fungsinya masing-masing. Jadi kita harus berupaya untuk segera melakukan pengurangan sampah yang dapat dilakukan dengan mulai mengurangi sampah di sumbernya (rumah tangga)," kata Ali di acara puncak World Clean Up Day tahun 2022 di Lobi Kantor Wali Kota Jakarta Utara, dikutip dari rilis pers KOMINFOTIK JU, Sabtu (17/9/2022).

"Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Nomor 77 Tahun 2020 tentang pengelolaan sampah lingkup rukun warga yang telah mengubah pola penanganan sampah dari KUPANG (kumpul-angkut-buang) menjadi KUPILAH (kurangi-pilah-olah)," tambahnya.

Baca Juga: 14 Persen dari 7.800 Ton Sampah Jakarta adalah Plastik 

1. Sampah merupakan tanggung jawab bersama

World Clean Up Days 2022, Ajak Warga Kurangi Sampah Sejak dari RumahWalikota Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengapresiasi Lions Club yang telah melaksanakan kegiatan World Cleanup Days 2022, Sabtu (17/9/2022). (Dok. KOMINFOTIK JU).

Pada kesempatan itu, Ali juga mengapresiasi komunitas Lions Club yang telah melaksanakan kegiatan untuk memperingati hari bersih-bersih yang serentak dilakukan di seluruh dunia.

"Ini merupakan aksi sosial global tahunan yang mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk turut membersihkan dan menjaga kebersihan bumi, karena sampah merupakan tanggung jawab bersama," ujar Ali.

Baca Juga: 56 Persen Warga Jakarta Sudah Taat Memilah Sampah

2. Lions Club diharapkan menjadi gerakan bersama pemerintah

World Clean Up Days 2022, Ajak Warga Kurangi Sampah Sejak dari RumahIlustrasi sampah plastik (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Ali berharap, apa yang sudah dilakukan Lions Club tahun 2022 ini dapat terus dilanjutkan pada tahun 2023 dalam hal kebersihan lingkungan.

"Kami berharap Lions Club bisa menjadi mitra ke depan bersama pemerintah dalam bergerak, mengajak, mengedukasi masyarakat ataupun komunitas untuk menjaga kebersihan, mengurangi, dan memilah sampah dari sumbernya," ujar Ali.

Baca Juga: Apa Itu Bank Sampah dan Bagaimana Cara Menabungnya?

3. Target sampah pada World Clean Up Day (WCD) 2022 Jakarta sebanyak 100 ton

World Clean Up Days 2022, Ajak Warga Kurangi Sampah Sejak dari RumahIlustrasi sampah plastik. (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Sementara itu, Ketua Panitia World Clean Up Day (WCD) 2022 Jakarta, Novi Tadonfo, menjelaskan, kegiatan bersih-bersih telah dilakukan sejak 1 hingga 16 September.

"Diikuti oleh 44 kecamatan, 267 kelurahan yang tersebar di 600 titik dari lima wilayah Kota DKI Jakarta. Target sampah yang dikumpulkan sebanyak 100 ton," kata dia.

Adapun Jakarta Utara disebutkannya telah memberikan kontribusi yang besar dalam mencapai target tersebut.

"Karena berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 46 ton 264 kilogram bersama 35.934 orang peserta yang berpartisipasi," kata Novi.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Gubernur Distrik 307 A1 Lions Club, Reiny Z Arifin; Ketua BKSP DPD RI, Sylviana Murni; Direktur Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Novrizal Tahar.

Kemudian Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Administrasi Jakarta Utara, Wawan Budi Rohman; Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Utara, Hariyadi, dan Kabag PKLH Setko Jakarta Utara, Ardan Solihin.

Baca Juga: Wagub DKI Kagum Pengelolaan Sampah di Jepang, Akui Jakarta Masih Jauh

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya