Pulang Haji Bawa Oleh-oleh TV Sebesar 75 Inch dari Arab Saudi 

Jemaah perempuan rata-rata pulang pakai "perhiasan" emas

Jeddah, IDN Times - Sebagian jemaah haji sudah kembali ke negara masing-masing. Pada gelombang pertama kepulangan, yang berlangsung dari 4 Juli hingga hari ini, Minggu (16/7/2023), jemaah pulang ke negara masing-masing melalui Bandara Internasional King Abdul Azis, Jeddah.

Berbeda dengan saat kedatangan, yang hanya membawa satu koper bagasi dan satu koper kabin, pada saat kepulangan jemaah haji terlihat rata-rata membawa lebih banyak barang selain koper kabin.

Bahkan ada yang membawa TV berukuran sangat besar. Tidak tangung-tanggung, TV tersebut berukuran 75 Inch. Tapi tentu yang membawa tv ini bukan jemaah haji Indonesia. Sebab, kalau jemaah haji Indonesia berat barang bawaan dibatasi, di mana koper bagasi berat maksimum 32 kg, sementara koper kabin maksimum 7 kg.

TV sebesar itu dibawa oleh seorang petugas haji asal Mali, sebuah negara di Afrika barat. Pemiliknya bernama Usman.

Baca Juga: Cara Jemaah Haji Akali Barang Bawaan, Sulap Dus Sampai Baju 11 Lapis 

1. Alasan membeli TV di Arab Saudi

Pulang Haji Bawa Oleh-oleh TV Sebesar 75 Inch dari Arab Saudi Petugas haji bawa oleh-oleh TV dari Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Kepada IDN Times Usman mengungkapkan, sengaja membeli TV dari Arab Saudi karena harganya lebih murah ketimbang di negaranya.

Dia menyebutkan, membeli TV merek Icone Gold seharga 4.800 riyal. "Di Mali harganya bisa 6.500," ujarnya beberapa hari lalu di Bandara Jeddah.

Untuk membawa TV sebesar itu ke negaranya, Mali mengaku tak ada masalah. Sebab pesawat yang mengangkut jemaah haji Mali merupakan pesawat charter.

"Egyptair," ujarnya sambil menunjukkan nama maskapai tersebut di rompi seragamnya.

2. Bawa oleh-oleh untuk anak

Pulang Haji Bawa Oleh-oleh TV Sebesar 75 Inch dari Arab Saudi Jemaah haji membawa oleh-oleh dudukan bayi (IDN Times/Sunariyah)

TV itu, kata Usman, akan dititipkan di pesawat yang membawa jemaah haji Mali, sementara dia akan pulang ke negaranya seminggu lagi karena masih mengurus jemaah haji Mali di Arab Saudi.

Sama seperti petugas haji Indonesia, petugas haji Mali juga ikut melaksanakan ibadah haji seperti jemaah lainya. Dia mengungkapkan salut dengan jemaah haji Indonesia karena kuat-kuat dan humanis.

Bukan hanya Usman yang membawa barang oleh-oleh unik ke negaranya. Seorang jemaah haji laki-laki dari negara Teluk lainnya, terlihat membawa oleh-oleh tempat dudukan bayi.

Baca Juga: Pulang Haji, Jemaah Bugis Dandan Heboh Penuh Hiasan di Bandara Jeddah 

3. Oleh-oleh air Zamzam hingga perhiasan imitasi

Pulang Haji Bawa Oleh-oleh TV Sebesar 75 Inch dari Arab Saudi Jemaah haji embarkasi Ujung Pandang pulang haji menggunakan perhiasan. (IDN Times/Sunariyah)

Sementara jemaah haji asal Afghanistan, rata-rata membawa oleh-oleh air Zamzam 5 liter, yang langsung dibagikan oleh petugas hajinya begitu mereka sampai di Bandara Jeddah. Air Zamzam menjadi barang yang dibawa oleh hampir semua jemaah haji di dunia.

Adapun para jemaah haji perempuan, rata-rata pulang dengan lengan dan jari berkilauan menggunakan perhiasan imitasi emas yang dibeli di Tanah Suci. Tak terkecuali jemaah haji perempuan Indonesia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya