Roti Tamis, Menu Khas Sarapan Pagi di Arab Saudi

Roti Tamis enak disantap saat masih hangat 

Jeddah, IDN Times - Warga Arab Saudi di Kota Makkah, Madinah, dan Jeddah punya menu wajib untuk sarapan, yang nyaris tak pernah mereka lewatkan setiap makan pagi. Namanya Roti Tamis.

Roti ini bentuknya pipih dan tipis, seperti nampan atau baki bulat dan besar. Biasanya disajikan bersama teh manis, yang disantap sebelum memulai aktivitas.

Kami, Tim Media Center Haji (MCH) berkesempatan mencicipi makanan ini saat berada di Kota Makkah, akhir Juni lalu. Tidak hanya itu, kami juga mendapat kesempatan melihat proses pembuatan roti tersebut, dari semula masih berupa tepung hingga kemudian diolah menjadi roti sampai dihidangkan ke meja makan.

Baca Juga: Bakso Mang Oedin dan Pecel Madura di Pasar Al Balad Kota Tua Jeddah

1. Dibakar dengan tungku tanah yang panas

Roti Tamis, Menu Khas Sarapan Pagi di Arab SaudiPembuatan Roti Tamis di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Awalnya, roti ini merupakan makanan khas orang Arab Yaman. Tapi kini sudah menjadi makanan sehari-hari warga Arab di Makkah, Madinah, Jeddah, hingga kota-kota lainnya.

Roti Tamis berbahan dasar tepung gandum yang diadon dan dibuat tipis, kemudian dibakar di dalam tungku tanah. Proses pembakarannya unik, yakni dengan cara menempelkan adonan roti di dinding tungku panas dengan semburan api dari bawah.

Roti kemudian diangkat dari tungku setelah terlihat matang merata dengan warna agak coklat kehitaman. Rasanya renyah dengan sedikit aroma hangus.

2. Dimakan dengan aneka bumbu

Roti Tamis, Menu Khas Sarapan Pagi di Arab SaudiMenyantap Roti Tamis di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Roti Tamis yang dihidangkan di meja makan ada dua rasa, rasa asin dari keju atau mentega dan roti tanpa rasa atau original, tidak diberi tambahan rasa apa-apa.

Roti ini tidak dihidangkan sendiri, tapi ditambah dengan aneka bumbu. Salah satu bumbunya bernama ful, yakni kacang merah yang dihaluskan hingga menjadi seperti bubur kental.

Ful ditaburi sedikit bubuk kamon (sejenis jintan), garam, dan dibubuhi acar tomat serta sedikit minyak zaitun. Ada juga bumbu kari. Bagi yang suka manis, bisa menyantap Roti Tamis yang dicocol ke yogurt yang dicampur madu.

Baca Juga: Mencicipi 6 Kuliner Khas Arab, dari Nasi Kusri hingga Tames dan Jus

3. Harganya ramah di kantong

Roti Tamis, Menu Khas Sarapan Pagi di Arab SaudiWarung Roti Tamis di Makkah, Arab Saudi (IDN Times/Sunariyah)

Roti Tamis lengkap dengan bumbu ful banyak dijual di warung-warung di Arab Saudi. Pedagangnya mulai dari orang Saudi, orang Pakistan, Yaman, dan lain-lain. Harganya ramah di kantong yakni 2 sampai 5 riyal.

Pada musim haji 2023, banyak jemaah haji Indonesia yang menyantap menu khas Timur Tengah ini. Umumnya Roti Tamis dihidangkan langsung di atas meja makan yang sudah dialasi plastik, tanpa piring. Kemudian disobek-sobek kecil dan dicocol ke dalam bumbu.

Menyantap roti ini lebih baik dalam kondisi masih panas atau hangat, selain mudah disobek, rasa renyahnya juga terasa. 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya