[BREAKING] Pemerintah Lockdown Sejumlah Tower Wisma Atlet Akibat Omicron

Omicron ditemukan di lingkungan wisma atlet

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Jodi Mahardi, mengatakan pemerintah saat ini melakukan langkah-langkah mitigasi setelah varian COVID-19 Omicron terdeteksi di Indonesia. Salah satunya yaitu dengan mengkarantina sejumlah tower di Wisma Atlet.

"Pemerintah saat ini melakukan langkah-langkah mitigasi dengan melakukan lockdown atau penguncian di beberapa tower Wisma Atlet agar varian ini tidak menyebar luas. Pemerintah juga terus melakukan genome sequencing secara ketat yang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Jodi kepada IDN Times, Kamis (16/12/2021).

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengumumkan kasus varian COVID-19 Omicron pertama di Indonesia.

"Ada satu orang pasien N insialnya, terkonfirmasi Omicron, datanya sudah kami konfirmasikan ke GISAID. Sudah dikonfirmasi data ini adalah Omicron," ujar Budi dalam konferensi pers virtual.

Budi mengatakan N adalah pembersih di Wisma Atlet, Jakarta. Pada 8 Desember 2021, sampel rutin diambil di wisma atlet kemudian dikirimkan ke Kemenkes untuk Whole Genome Sequences (WGS).

"Kami terima 10 Desember 2021, dan lihat ada tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet positif PCR. Tapi, positif Omicron cuma satu orang. Jadi, ada tiga pekerja kebersihan di Wisma Atlet, positif PCR, dikrim ke Balitbangkes untuk WGS dan 11 Desember 2021, hasilnya satu dari tiga positif omicron," ucap Budi

Baca Juga: [BREAKING] Pasien Pertama COVID Omicron Pekerja di RS Wisma Atlet

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya