Jokowi Bakal Buka PON XX 2021 Papua

Jokowi juga akan beri arahan pada Forkopimda Papua

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua. Dalam kunjungannya Sabtu (2/10/2021), Jokowi diagendakan akan meresmikan sejumlah venue Pekan Olahraga Nasional (PON) XX hingga memberikan arahan kepada Forkopimda Papua.

"Presiden Joko Widodo mengawali rangkaian kunjungan kerja di Provinsi Papua, dengan berkunjung ke Istora Papua Bangkit, Kabupaten Jayapura, pada Sabtu pagi, 2 Oktober 2021. Di sana, Kepala Negara akan meninjau dan meresmikan sejumlah arena yang akan digunakan dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga: PON Papua: Juwita Niza Berpeluang Raih Emas Wushu Sumut 

1. Jokowi akan beri arahan Forkopimda hingga buka PON XX

Jokowi Bakal Buka PON XX 2021 PapuaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Papua (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Setelah itu, Jokowi dijadwalkan akan menuju Distrik Abepura, Kota Jayapura, untuk melakukan groundbreaking Papua Youth Creative Hub. Di Kota Jayapura, dia juga dijadwalkan untuk memberikan pengarahan kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Papua yang akan digelar di Kantor Gubernur Provinsi Papua.

"Malam harinya, Presiden akan meresmikan pembukaan PON XX Papua Tahun 2021 yang dipusatkan di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Presiden rencananya akan kembali bermalam di Jayapura, sebelum melanjutkan kegiatan kunjungan kerja keesokan harinya," tulis keterangan Sekretariat Presiden.

2. Jokowi kunjungan ke Papua didampingi oleh Menteri Investasi dan Panglima TNI

Jokowi Bakal Buka PON XX 2021 PapuaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Papua (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Jokowi didampingi oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Adapun perangkat Istana yang juga mendampingi yaitu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin, serta Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

3. Jokowi sempat membeli noken dari pedagang di Papua

Jokowi Bakal Buka PON XX 2021 PapuaPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Papua (dok.Biro Pers Kepresidenan)

Presiden Jokowi sendiri sudah tiba di Papua sejak Jumat (1/10/2021). Saat tiba di Papua, Jokowi menyempatkan diri untuk membeli noken atau tas rajutan asli Papua dari seorang perempuan di pinggir jalan.

"Tas apa ini?" tanya Jokowi kepada Paulina Adi, salah seorang mama penjual noken di pinggir Jalan Raya Hawai Sentani, Jayapura.

"Ini tas terbuat dari kulit kayu, Bapak," ujar Paulina.

Setelah melihat-lihat dan memilih, orang nomor satu di Indonesia kemudian memutuskan untuk membeli dua noken.

Selain Paulina Adi, ada juga Anastasya Keren dan Yulita Tebay yang juga menjual noken hasil rajutannya sendiri. Mereka berharap dengan adanya perhelatan PON XX di Papua, akan banyak orang yang membeli tas rajutan asli Papua tersebut.

Baca Juga: PON XX Bawa Dampak Positif buat Ekonomi Masyarakat Papua

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya