Jokowi: Taman Mangrove Ngurah Rai Bali Akan Jadi Salah Satu Venue G20

Jokowi akan pamerkan taman mangrove pada para pemimpin dunia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan Taman Mangrove Ngurah Rai, Bali, akan menjadi salah satu venue di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, pada 2022 mendatang. Dia menuturkan, taman mangrove ini juga akan dijadikan contoh rehabilitasi di berbagai daerah.

"Dan ini juga nanti mungkin akan menjadi salah satu venue yang akan kita perlihatkan kepada pemimpin-pemimpin G20 tahun depan," tutur Jokowi saat kunjunga kerja ke Bali, seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: Terbang ke Bali, Jokowi Tinjau Venue G20

1. Jokowi jadikan Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai contoh rehabilitasi

Jokowi: Taman Mangrove Ngurah Rai Bali Akan Jadi Salah Satu Venue G20Presiden Jokowi tinjau Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai, Bali (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Wali Kota Solo ini berencana untuk menjadikan Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai, Bali, sebagai contoh rehabilitasi hutan mangrove di berbagai provinsi. Dia menuturkan, taman yang telah dibangun sejak 2003 ini disebut Jokowi memadukan pendidikan untuk edukasi hingga bisa menjadi tempat pariwisata.

"Model rehabilitasi mangrove seperti inilah yang ingin kia replikasi, kita copy untuk program rehabilitasi mangrove di provinsi-provinsi yang lain," katanya.

Baca Juga: Disindir Kaesang Pendapatan Jokowi Kecil, Ini Gaji Seorang Presiden 

2. Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai direhabilitas sejak 1992

Jokowi: Taman Mangrove Ngurah Rai Bali Akan Jadi Salah Satu Venue G20Presiden Jokowi tinjau Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai, Bali (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pengelola Taman Hutan Raya, Komang Tri, menjelaskan bahwa kawasan hutan mangrove tersebut direhabilitasi sejak tahun 1992.

"Luas kawasan ini sebesar 268 hektare. Sebelumnya merupakan lahan eks tambak ikan dan udang yang terbengkalai. Sejak 1992 direhabilitasi dan berhasil dengan baik. Saat ini terdapat 92 jenis burung dan 33 jenis tanaman mangrove," ucap Komang Tri.

Berdasarkan data dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, luas lahan mangrove di Provinsi Bali mencapai 2.143,97 hektare. Dari luas tersebut, 19 hektare di antaranya termasuk kategori kerapatan jarang, serta masih terdapat habitat mangrove yang berpotensi dapat ditanami seluas 263 hektare.

3. Pertama kalinya Indonesia jadi tuan rumah G20

Jokowi: Taman Mangrove Ngurah Rai Bali Akan Jadi Salah Satu Venue G20Presiden Jokowi tinjau Taman Hutan Mangrove Ngurah Rai, Bali (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Sebagai informasi, pada 2022 mendatang, Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah pertemuan akbar tersebut. Ini merupakan kali pertama Indonesia terpilih sebagai Presidensi G20, sejak dibentuknya G20 pada 1999. Selama masa Presidensi, Indonesia berperan menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20.  

"Presidensi G20 Indonesia secara resmi akan dimulai dari 1 Desember 2021 sampai dengan 30 November 2022 dengan tema utama adalah recover together, recover stronger yang salah satunya artinya pulih bersama dan tangguh bersama," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dikutip dari situs kemlu.go.id.

Ada setidaknya tiga manfaat yang akan didapatkan oleh Indonesia kala ditunjuk memegang Presidensi G20 dari aspek ekonomi, yakni terbukanya peluang peningkatan konsumsi domestik yang dapat capai Rp1,7 triliun, penambahan PDB yang diperkirakan akan mencapai sekitar Rp7,47 triliun, dan terdapat pelibatan tenaga kerja sekitar 33 ribu pekerja di berbagai sektor industri di masa mendatang. 

Baca Juga: RI Tuan Rumah Presidensi G20, Fokuskan Kepentingan Negara Berkembang

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya