Ketika Menlu Retno Tak Dikenali di Negeri Sendiri

Wah, banyak yang gak kenal Menlu

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengadakan media gathering bersama para wartawan pada Jumat (13/7) hingga Sabtu (14/7) lalu. Nah, ada kejadian unik dalam acara tersebut kala sosok Menlu Retno Marsudi ternyata tak dikenali orang.

Kisahnya bermula saat para wartawan diajak untuk mengikuti kegiatan Menlu Retno Marsudi di Garut dan Bandung. Di Garut, Retno menghadiri acara peresmian Jembatan Diplomasi, di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong Kidul. Sementara di Bandung, Retno akan menghadiri talkshow bersama Sahabat Museum Konferensi Asia Afrika (MKKA) di Gedung Konferensi Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat.

Para wartawan yang akan mengikuti kegiatan Retno diminta untuk berkumpul di Stasiun Gambir Sabtu pagi. Selanjutnya, rombongan pergi dengan menaiki kereta api menuju ke Bandung.

Sesampainya di Bandung, wartawan dan jajaran Kemenlu pun makan bersama di restoran "Warung Nasi Bancakan". Nah, di sinilah kejadian unik itu dimulai.

1. Membaur, Menlu Retno tak dikenali masyarakat

Ketika Menlu Retno Tak Dikenali di Negeri SendiriIDN Times/ Teatrika Putri

Saat itu, para wartawan dan jajaran Kemenlu tiba di Bandung sekitar pukul 13.00 WIB. Para wartawan pun diajak untuk makan di salah satu rumah makan yang cukup terkenal di Bandung, "Warung Nasi Bancakan."

Siang itu, rumah makan tampak sangat ramai dipadati pengunjung. Menlu Retno bersama jajarannya kemudian ikut membaur dan makan bersama.

Dengan mengenakan pakain putih dam syal khasnya, Retno duduk bersama Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika, Kemlu Desra Percaya. Retno kala itu tampak lahap menyantap hidangan yang telah dipesan oleh Kemenlu.

Namun, tak ada satupun pengunjung yang sadar bahwa seorang menteri tengah makan bersama dan membaur dengan mereka. Semua orang tampak sibuk dengan makanan masing-masing.

Meski demikian, hal itu tampak tidak menganggu Retno. Ia tetap menikmati hidangannya dan bercengkerama dengan wartawan.

Baca juga: Menlu Retno: Perempuan Juga Bisa Berkarier Jadi Diplomat

2. Jubir Kemlu malah dikira menlu

Ketika Menlu Retno Tak Dikenali di Negeri SendiriIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kejadian unik lainnya terjadi saat wartawan mengantre untuk mengambil makanan. Seorang pengunjung paruh baya tiba-tiba bertanya kepada salah satu wartawan.

"Ini rombongan dari mana?" tanyanya.

"Rombongan Kemlu, Pak," jawab salah satu wartawan kepada pengunjung tersebut.

"Oh.. Menlunya ada di sini dong?" tanyanya lagi.

"Iya Pak," jawab wartawan tersebut.

"Menlunya yang itu ya," kata pengunjung itu sambil menunjuk ke arah seorang pria yang tinggi, yaitu Jubir Kemenlu Arrmanatha Nasir.

Sambil tersenyum, si wartawan kemudian menjelaskan bahwa Menlu RI adalah Retno Marsudi, bukan Arrmanatha Nasir.

Setelah mengetahui menteri luar negeri yang sesungguhnya, pria tersebut hanya merespons "Oh yang itu.."

Beberapa saat kemudian, mulai ada pengunjung yang mengenali dan mengajaknya berfoto bersama.

3. Menlu Retno berhasil membawa Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB

Ketika Menlu Retno Tak Dikenali di Negeri Sendiriun.org

Di Kabinet Kerja di bawah pemerintahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Menlu Retno merupakan salah satu menteri yang menoreh sejumlah prestasi. Salah satunya, ia berhasil membawa Indonesia sehingga terpilih sebagai Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB (DK PBB).

Indonesia ditetapkan sebagai anggota tidak tetap DK PBB pada 8 Juni 2018. Kala itu, Indonesia berhasil meraih 144 suara dari 190 negara yang memberikan hak suara.

Baca juga: Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya