Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Indonesia berhasil meraih 144 suara

Jakarta, IDN Times - Setelah melalui perjuangan yang panjang sejak tahun 2016 lalu, Indonesia akhirnya berhasil terpilih sebagai satu dari lima negara tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Melalui proses voting yang begitu ketat di Majelis Umum PBB, Indonesia berhasil meraih 144 suara dari negara anggota PBB. 

Indonesia berhasil menyisihkan Maladewa yang mewakili kawasan Asia Pasifik dengan memperoleh 46 suara. Indonesia menggantikan kepemimpinan Kazakhstan yang masa keanggotaannya berakhir pada Desember 2018.

Lalu, apa makna masuknya Indonesia ke dalam jajaran elit negara tidak tetap Dewan Keamanan PBB ini?

1. Indonesia meraih 144 suara di Majelis Umum

Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBBwww.twitter.com/@UN

Dalam proses voting yang digelar secara tertutup di markas PBB di New York pada Jumat siang waktu setempat (8/6), Indonesia berhasil meraih 144 suara dari 190 negara. Artinya, dua pertiga suara dari negara anggota tidak tetap PBB sudah berhasil dikuasai.

Indonesia berhasil mengalahkan Maladewa yang selama ini menjadi saingan terdekat. Maladewa hanya meraih 46 suara. Selain Indonesia, ada pula empat negara lain yang terpilih menjadi negara anggota tidak tetap. Mereka adalah Afrika Selatan (183 suara), Republik Dominika (184 suara), Jerman (184 suara) dan Belgia (181 suara).

Melihat hasil ini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan tim Indonesia yang berada di Majelis Umum PBB New York langsung bersorak dan mengucap rasa syukur. Retno mengatakan ini merupakan amanah masyarakat internasional bagi Indonesia.

"Alhamdulilah, Indonesia berhasil terpilih kembali sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat internasional kepada Indonesia dan hasil kerja keras seluruh komponen bangsa, khususnya para Diplomat Indonesia," ujar Retno dalam video teleconference dengan media di Jakarta.

Upaya agar Indonesia masuk ke dalam jajaran elit di PBB itu sudah dimulai sejak tahun 2016 lalu. Jelang pemilihan dalam dua hari terakhir, tim kampanye pencalonan Indonesia masih terus melakukan pertemuan dengan hampir semua anggota PBB.

2. Indonesia berjanji akan berkontribusi di bidang perdamaian

Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBBwww.twitter.com/@un_pga

Retno mengatakan dengan terpilihnya Indonesia sebagai satu dari lima negara anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB bermakna rekam jejak dan diplomasi Indonesia di dunia telah diakui oleh masyarakat internasional.

"Indonesia akan berperan aktif di Dewan Keamanan PBB. Sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB, Indonesia memiliki empat fokus, salah satunya menyangkut penciptaan stabilitas, keamanan dan perdamaian," ujar Menlu perempuan pertama di Indonesia itu.

3. Indonesia bisa ikut memengaruhi kebijakan di forum PBB

Keren! Indonesia Jadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBBKementerian Luar Negeri

Publik luas mempertanyakan apa makna Indonesia masuk ke dalam jajaran elit Dewan Keamanan Tidak Tetap PBB? Juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir, membenarkan sebagai anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia memang gak punya hak veto. Tapi, Indonesia bisa ikut memberikan pandangan dan ide untuk menjaga keamanan serta stabilitas global.

"Apabila diperlukan pandangan untuk mengambil langkah-langkah tertentu mengenai suatu permasalahan terkait keamanan di berbagai negara, maka suara Indonesia bisa lebih didengar," ujar Arrmanatha menjawab pertanyaan IDN Times pada akhir Januari lalu.

Hal itu dinilai positif, karena toh Indonesia tetap bisa memainkan peranan yang lebih seandainya meraih kursi tersebut. Indonesia bisa memanfaatkan secara maksimal peranan PBB untuk kepentingan perdamaian di dunia. Apalagi Indonesia sudah mewujudkannya dengan menjadi salah satu negara dengan kontributor besar pasukan operasi perdamaian di dunia.

Ini menjadi kali keempat Indonesia terpilih sebagai negara tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Posisi itu akan diisi secara resmi pada 1 Januari 2019 mendatang. Sebelumnya, Indonesia juga sudah pernah menduduki posisi pada tahun 1973-1974, 1995-1996, dan 2007-2008.

Topik:

Berita Terkini Lainnya