Menag Positif COVID-19, Istana: Presiden Tetap Terapkan Protokol Ketat

Fachrul lama tak bertemu tatap muka dengan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Fachrul menjadi menteri kabinet ketiga yang terpapar COVID-19.

Terkait banyak menteri kabinet yang positif terinfeksi virus corona, Kepala Sekretariat Preside Heru Budi Hartono mengatakan bahwa protokol kesehatan di Istana Kepresidenan tetap dilakukan dengan ketat.

Sebab, Presiden Joko "Jokowi" Widodo masih sering bertemu tatap muka dengan para menterinya meski jumlahnya sangat dibatasi.

1. Jokowi tetap terapkan protokol kesehatan di Istana

Menag Positif COVID-19, Istana: Presiden Tetap Terapkan Protokol KetatDok. Biro Pers Kepresidenan

Heru menyampaikan, untuk Jokowi setiap minggunya selalu melakukan tes swab rutin. Selain itu, protokol kesehatan juga selalu diterapkan dengan ketat.

"Pak Presiden tetap jaga jarak, pakai face shield, terus ruangan di Istana kan dibuka semua. Gak pakai AC (air conditioner)," ujar Heru saat dihubungi, Senin (21/9/2020).

Baca Juga: [BREAKING] Menteri Agama Fachrul Razi Positif COVID-19

2. Menag Fachrul sudah lama tak bertemu tatap muka dengan Jokowi

Menag Positif COVID-19, Istana: Presiden Tetap Terapkan Protokol KetatMenteri Agama, Fachrul Razi mengecam tindakan penusukan terhadap Syekh Ali Jaber saat berdakwah di Lampung (Dok. Humas Kementerian Agama)

Terkait Menag Fachrul yang dinyatakan positif COVID-19, Heru menyampaikan bahwa Presiden Jokowi belum bertemu dengan Fachrul. Ia mengatakan, terakhir kali Jokowi bertemu Fachrul sekitar dua bulan lalu.

"Gak ketemu dengan Bapak (Jokowi). Sudah lama gak ketemu, sudah 1-2 bulan. Semoga cepat sembuh," ujar Heru.

3. Menteri Agama Fachrul Razi dinyatakan positif COVID-19

Menag Positif COVID-19, Istana: Presiden Tetap Terapkan Protokol KetatMenag Fachrul Razi (Dok. Kemenag)

Menteri Agama Fachrul Razi dikonfirmasi positif COVID-19 pada Senin (21/9/2020). Meski begitu, Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal mengatakan kondisi Fachrul dalam keadaan baik.

"Pada 17 September, Menag melakukan tes swab dan hasilnya positif. Namun, alhamdulillah kondisi fisik beliau hingga saat ini terpantau baik, tidak ada gejala-gejala mengkhawatirkan,” kata Kevin Haikal dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/9/2020).

Kevin mengatakan saat ini Menag Fachrul tengah menjalani isolasi mandiri dan melakukan pemulihan. Ia meminta dukungan kepada masyarakat agar Fachrul bisa mendapat hasil negatif di pemeriksaan selanjutnya.

"Ini bagian dari wujud komitmen beliau dalam menaati peraturan protokol kesehatan dan memutus mata rantai kemungkinan penyebaran. Kami mohon doa dari masyarakat, semoga prosesnya berjalan lancar serta Menag bisa lekas sembuh, semoga hasil swab berikutnya negatif, sehingga Menag dapat menjalankan tugas-tugasnya kembali," ucap dia.

Juru Bicara (Jubir) Kementerian Agama, Oman Fathurahman menambahkan, Menag sementara ini akan fokus menjalani proses isolasi dan pemulihan kesehatan. Untuk pelaksanaan tugas birokrasi, Menag Fachrul sudah berkoordinasi dan memberi mandat kepada Wakil Menteri Agama, serta memberi arahan kepada para pejabat terkait.

"Pelaksanaan program Kemenag, utamanya dalam ikut mencegah penyebaran Covid-19 di lembaga pendidikan agama dan keagamaan serta lembaga keagamaan menjadi perhatian Menag. Beliau minta agar itu berjalan dengan baik. Bantuan yang disalurkan juga agar tepat sasaran dan akuntabel," tutur Oman.

"Menag minta agar program-program dan layanan keagamaan tetap berjalan. Koordinasi akan tetap dilakukan melalui daring," tambahnya.

Oman mengungkapkan, Fachrul memberi pesan kepada masyarakat agar mematuhi anjuran pemerintah dengan disiplin dalam penerapan protokol kesehatan.

"Siapapun bisa terkena COVID-19 ini, tidak ada kecuali, mari kita saling berempati, saling menguatkan, dan berikhtiar dengan mematuhi protokol kesehatan. Semoga pandemi ini bisa segera teratasi," ujarnya.

Baca Juga: Pernyataan Kontradiktif Presiden Jokowi selama Pandemik COVID-19

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya