Ngaspal Bareng Menteri di Toba, Jokowi: Rugi Kalau Gak Naik Motor

Jokowi sebut jalan di Toba berkelok-kelok

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo bersama sejumlah menteri kabinet mengendarai motor saat kunjungan kerja ke Sumatra Utara.

Jokowi bersama para asistennya itu mengendarai motor menyusuri jalan dari Simpang Sibisa, Kabupaten Toba, menuju Kawasan Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun.

Jokowi sengaja mengendarai motor saat meninjau kawasan Pantai Bebas Parapat, agar bisa menikmati udara segar di Danau Toba yang sayang untuk dilewatkan.

"Saya dan menteri-menteri ingin menghirup udara segar Danau Toba, karena udara di sini fresh sekali, rugi kalau kita gak naik motor. Juga lihat infrastruktur jalannya mulus gak, ya tadi sudah 80 persen mulus, ada 20 persen masih gelombang sedikit-sedikit. Kita sudah menyampaikan ke Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," kata Jokowi dalam keterangannya, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga: 7 Potret Jokowi Ngaspal di Toba Bareng Sandiaga dan Luhut

1. Jokowi sebut jalanan di Toba lebih berkelok-kelok dibanding Mandalika

Ngaspal Bareng Menteri di Toba, Jokowi: Rugi Kalau Gak Naik MotorPresiden Jokowi dan sejumlah menteri menaiki sepeda motor dari Kabupaten Toba menuju Kab. Simalungun (dok. Biro Pers Setpres)

Jokowi menyebut pemandangan di sepanjang jalan sangat indah. Ia menuturkan jalanan di Toba lebih bervariasi dibanding Mandalika.

"Di sini udaranya dingin dan segar. Kalau di sana (Mandalika) lurus, di sini kelok-kelok, bedanya itu," ucap presiden.

2. Jokowi berharap infrastruktur jalan bisa terintegrasi dengan kawasan wisata

Ngaspal Bareng Menteri di Toba, Jokowi: Rugi Kalau Gak Naik MotorPresiden Jokowi menaiki sepeda motor dari Kabupaten Toba menuju Kab. Simalungun (dok. Biro Pers Setpres)

Lebih lanjut, Jokowi berharap, infrastruktur jalan yang ada dapat dihubungkan dan terintegrasi dengan sejumlah kawasan wisata.

"Semua kalau bisa itu diintegrasikan, tapi tidak mungkin dalam waktu dekat, karena juga semuanya ada mana yang skala prioritas, mana yang berikutnya," tutur dia.

Baca Juga: Jokowi Berencana Pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024

3. Jokowi lakukan kunjungan kerja ke Sumatra Utara hari ini

Ngaspal Bareng Menteri di Toba, Jokowi: Rugi Kalau Gak Naik MotorPresiden Jokowi dan sejumlah menteri menaiki sepeda motor dari Kabupaten Toba menuju Kab. Simalungun (dok. Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Sumatra Utara hari ini. Dalam kunjungan kali ini, ia didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Di Sumatra Utara, Jokowi meninjau dan meresmikan sejumlah infrastruktur. Salah satunya meresmikan jalan bypass Balige di Kabupaten Toba.

"Dari Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, Presiden dan rombongan lepas landas menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.00 WIB," tulis keterangan Sekretariat Presiden, Rabu (2/2/2022).

Saat tiba di Bandara Internasional Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara, Jokowi langsung melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Toba untuk meninjau dan meresmikan jalan bypass Balige. Setelah itu, ia membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang di Pasar Porsea, Kabupaten Toba.

"Selepas itu, Presiden akan meninjau dan meresmikan penataan Kawasan Pantai Bebas Parapat dan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Parapat di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun," tulis keterangan Sekretariat Presiden lagi.

Berikutnya, Jokowi berkunjung ke Pelabuhan Ajibata, Kabupaten Toba. Di sana, ia akan meresmikan Pelabuhan Ajibata beserta enam pelabuhan lainnya, serta empat kapal motor penumpang (KMP). Peresmian itu akan dilakukan Jokowi sebelum ia lepas sauh menuju Kabupaten Samosir menggunakan kapal feri.

Di Kabupaten Samosir, mantan Gubernur DKI Jakarta ini diagendakan meresmikan penataan Kawasan Huta Siallagan dan menyerahkan bantuan langsung tunai bagi para pedagang di sana. Jokowi juga meninjau penataan Kawasan Huta Raja dan meresmikan Kampung Ulos Huta Raja di Kecamatan Pangururan.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya