Jokowi Berencana Pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024

Dalam dua tahun pemerintah harus lakukan pembangunan besar

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo sudah merencanakan pemindahan Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Plt Direktur Regional II Bappenas Mohammad Roudo mengatakan bahwa Presiden Jokowi berencana pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024.

“Presiden merencanakan untuk pindah sebelum 16 Agustus 2024, tapi kita masih melihat dulu kondisinya seperti apa,” kata Roudo dalam diskusi soal IKN yang disiarkan langsung di kanal YouTube FMB9ID_KIP, Rabu (2/2/2022).

Baca Juga: [WANSUS] Cerita Nyoman Nuarta di Balik Desain Istana Presiden di IKN

1. Keinginan Jokowi jadi tantangan besar

Jokowi Berencana Pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024Presiden Jokowi dan sejumlah menteri menaiki sepeda motor dari Kabupaten Toba menuju Kab. Simalungun (dok. Biro Pers Setpres)

Roudo menyampaikan keinginan Presiden Jokowi tersebut menjadi tantangan tersendiri. Sebab artinya dalam waktu dua tahun ke depan harus ada pembangunan besar yang dilakukan.

“Karena ini salah satu yang monumental, tantangan juga, dalam dua tahun harus membangun kawasan yang cukup besar. Tadi 6.600 untuk kawasan inti dan 56 ribu untuk kawasan perkotaannya. Jadi tantangannya cukup besar,” ujar Roudo.

Baca Juga: Belum Ada Instansi Negara yang Serahkan Aset untuk Danai Relokasi IKN

2. Pemerintah fokus pada infrastruktur di tahap awal

Jokowi Berencana Pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024Nagara Rimba Nusa sebagai pemenang sayembara desain IKN (IDN Times/ Kemenkoinfo RI)

Roudo mengatakan saat ini pemerintah tengah menggodok mekanisme pemindahan IKN. Untuk tahap awal, pemerintah akan fokus pada infrastruktur.

“Dari masterplan, untuk pemindahan tahap awal 2022-2024, infrastruktur dasar yang dibangun seperti air, energi, untuk penduduk-penduduk yang awal. Sarana utama yakni Istana Presiden, perkantoran,” jelas Roudo.

Baca Juga: Begini Nasib Aset Negara di Jakarta saat Ibu Kota Pindah

3. Pembangunan akses lokasi ke Istana Presiden di IKN dikebut

Jokowi Berencana Pindah ke IKN Nusantara sebelum 16 Agustus 2024Istana Kepresidenan di IKN (Instagram/@nyoman_nuarta)

Sebelumnya, Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Hamdam menuturkan saat ini pembangunan infrastruktur di lokasi ibu kota baru terus berlangsung. Usai UU Ibu Kota Negara (IKN) disahkan, pemerintah akan mempercepat pembangunan akses menuju lokasi Istana Kepresidenan.

"Jalan akses, jembatan, untuk akses masuk ke wilayah pembangunan Istana yang terutama dipercepat," kata Hamdam saat dihubungi IDN Times, Rabu (19/1/2022).

Selain bendungan dan jalan, Hamdam mengatakan saat ini pembangunan infrastruktur akses logistik masuk ke pusat pemerintahan ibu kota Nusantara juga terus digenjot. Terutama, akses dari pelabuhan dan bandara.

"Iya untuk aksesnya. Akses logistik masuk ke wilayah pembangunan," ucap Hamdam.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya