Resmikan Bandara Ngloram, Jokowi: Seperti Berada di Bawah Hutan Jati

Bandara Ngloram bisa tampung 210 penumpang per tahun

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Bandara Ngloram di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Jokowi mengatakan bahwa bandara ini memiliki lintasan sepanjang 1.500 meter, sehingga bisa digunakan untuk pesawat ATR atau pesawat dengan jarak pendek.

"Tadi Menteri Perhubungan sudah menyampaikan satu minggu sudah ada penerbangan dua kali dan selalu penuh, dan kita harapkan nanti apabila memang penuh terus dan runway-nya 1.500 tidak cukup akan kita perpanjang lagi menjadi 2 ribu meter," ujar Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (17/12/2021).

Baca Juga: Omicron Masuk Indonesia, Padahal Sudah Diwanti-wanti Jokowi

1. Jokowi sebut Bandara Ngloram didesain seperti berada di bawah hutan jati

Resmikan Bandara Ngloram, Jokowi: Seperti Berada di Bawah Hutan JatiPresiden Jokowi resmikan Bandara Ngloram di Kabupaten Blora pada Jumat (17/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Tak hanya itu, mantan Wali Kota Solo ini juga menuturkan terminal di dalam bandara cukup besar. Sehingga, bisa menampung kurang lebih 210 ribu penumpang per tahun.

"Sangat besar. Didesain seperti kita berada di bawah hutan jati, karena memang Blora sangat terkenal dengan hutan jatinya dan ini juga sangat bagus. Kita harapkan bandara ini bisa benar-benar bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Blora dan sekitarnya," ucap dia.

Baca Juga: Jelang Nataru, Penumpang Internasional di Bandara Soetta Meningkat

2. Jokowi harap bandara bisa mempercepat aktivitas ekonomi masyarakat sekitar

Resmikan Bandara Ngloram, Jokowi: Seperti Berada di Bawah Hutan JatiPresiden Jokowi resmikan Bandara Ngloram di Kabupaten Blora pada Jumat (17/12/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Berikutnya, Jokowi menyampaikan bahwa Bandara Ngloram akan mempercepat aktivitas ekonomi di Kabupaten Bora, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Tuban dan Kabupaten Ngawi. Ia berharap ke depannya perekonomian di wilayah sekitar bandara bisa semakin baik.

"Investasi akan masuk ke Cepu, Bojonegoro, semakin banyak, distribusi barang dari provinsi ke provinsi dan daerah ke daerah juga akan semakin meningkat dan semakin baik. Mobilisasi orang antarprovinsi, antarpulau, antarkota, antarkabupaten semuanya akan bisa kita tingkatkan lebih baik," jelasnya.

3. Jokowi dan Iriana kunker ke Jawa Tengah dan Jawa Timur hari ini

Resmikan Bandara Ngloram, Jokowi: Seperti Berada di Bawah Hutan JatiPresiden Jokowi dan Ibu Negera Iriana bagikan bansos kepada pedagang di Wonosobo pada Selasa (14/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Hari ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana  Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Jokowi diagendakan meninjau sejumlah fasilitas bandara sekaligus meresmikannya. Setelah itu, Jokowi akan menuju Pasar Mulyorejo untuk menyerahkan bantuan tunai bagi pedagang kaki lima dan warung.

Kemudian, Jokowi dan Iriana akan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, untuk menyerahkan bantuan tunai kepada para pedagang di Alun-Alun Merdeka. Pemberian bantuan itu akan diserahkan Jokowj usai menunaikan salat Jumat.

Baca Juga: Kunker ke Bali, Jokowi Sempatkan Nonton BWF World Tour Finals

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya