Tokoh Kunci Kubu Jokowi Gaet Pemilih di Lumbung Lawan

Salah satu wilayah yang dibidik adalah Jawa Barat

Surabaya, IDN Times - Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa TKN percaya diri akan bisa membalikkan suara di daerah-daerah di mana suara Jokowi masih lemah.

Menurut dia, dengan bantuan dari tokoh-tokoh nasional yang sudah menyatakan dukungan kepada Jokowi, bisa membantu menaikkan suara di lumbung lawan. 

1. Tokoh-tokoh yang dukung Jokowi berikan pengaruh pada suara

Tokoh Kunci Kubu Jokowi Gaet Pemilih di Lumbung LawanAntara FOTO/Novrian Arbi

Dalam Rakernas TKN hari ini dibahas juga tentang strategi penguatan seluruh elemen dari partai politik, relawan, dan juga para tokoh-tokoh. Sejak Pemilu 2014, menurut Hasto, ada persepsi yang membuat masyarakat menjadi semakin positif terhadap Jokowi.

"Sebagai contoh, Jawa Barat yang pada akhirnya masyarakat juga sangat memahami bagaimana perhatian Pak Jokowi dengan kerja-kerjanya dan kerja untuk Indonesia," jelas Hasto di Hotel Empire, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (27/10).

Hasto menambahkan, tokoh-tokoh seperti Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, Dedy Mulyadi, dan TB Hasanuddin, menjadi tokoh yang juga berpengaruh terhadap suara Jokowi di Jawa Barat.

Pada Pemilihan Presiden 2014, suara Jokowi kalah dari Prabowo Subianto di Jawa Barat. Prabowo yang kala itu berpasangan dengan Hatta Rajasa mengantongi 59,78 persen suara pemilih di provinsi tersebut. Sementara itu, pasangan Jokowi-JK mendapat suara 40,22 persen.

Baca Juga: Machfud Arifin Senang Rakernas TKN Jokowi-Ma'ruf Digelar di Surabaya

2. Suara Ma'ruf Amin di Banten cukup kuat

Tokoh Kunci Kubu Jokowi Gaet Pemilih di Lumbung LawanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, Hasto juga menilai Ma'ruf Amin cukup kuat di Banten. Nama Ma'ruf dikenal cukup besar pada pemilih dengan basis pergerakan Islam.

"Kemudian di Jawa Timur, kita bisa lihat sejarah konfigurasi politik dari NU yang melahirkan PKB. Dan Sumatera Barat merupakan daerah yang dinilai strategis untuk digarap dan dibuat program-program spesifik untuk Sumatera Barat," ucap dia.

3. Di Gorontalo, suara JK bisa angkat Jokowi-Ma'ruf

Tokoh Kunci Kubu Jokowi Gaet Pemilih di Lumbung LawanDok. IDN Times/TKN Jokowi-Ma'ruf Amin

Suara Jusuf Kalla menjadi andalan TKN untuk menggaet pemilih di sekitar di Gorontalo. 

"Pak JK dalam posisi sebagai ketua dewan pengarah, dia juga banyak berpengaruh, dan akan memimpin pergerakan dukungan di Sulawesi Selatan," tutur Hasto.

4. Semua daerah diangap penting

Tokoh Kunci Kubu Jokowi Gaet Pemilih di Lumbung LawanANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Hasto mengatakan, bahwa semua daerah dianggap penting oleh TKN. Dan hal itu penting untuk menaikkan elektoral.

"Tentu saja semua daerah merupakan sangat penting bagi kepemimpinan Pak Jokowi. Dari aspek elektoral mungkin jumlah penduduknya tidak begitu banyak, tapi kita melihat ini bagian dari Indonesia Raya," ujarnya. 

Baca Juga: Ingin Fokus di TKN, Erick Thohir Mundur dari Inter Milan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya