WNA dari 4 Negara Ini Harus Serahkan Sertifikat Sehat Sebelum Masuk RI

Travel story juga harus diserahkan

Jakarta, IDN Times - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Indonesia akan memperketat penjagaan bagi warga negara asing (WNA) yang akan masuk ke tanah air menyusul mewabahnya virus corona atau COVID-19. 

Moeldoko mengatakan nantinya WNA dari empat negara yang ingin masuk ke Indonesia harus menyerahkan sertifikat kesehatan ke bagian imigrasi. Keempat negara yang dimaksud adalah Italia, Jepang, Korea dan Iran.

Sebab, empat negara tersebut memiliki episentrum virus corona setelah Tiongkok.

1. WNA dari empat negara harus serahkan sertifikat sehat

WNA dari 4 Negara Ini Harus Serahkan Sertifikat Sehat Sebelum Masuk RIKepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 13 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Moeldoko sertifikat kesehatan itu diperlukan agar pihak imigrasi mengetahui riwayat kesehatan dari WNA tersebut. Apabila dinyatakan sehat, maka akan diperbolehkan masuk.

"Ada pernyataan dari otoritas kesehatan, bahwa yang bersangkutan tidak dalam keadaan sakit, selama kurun waktu sekian hari," kata Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (4/3).

2. WNA juga harus menyerahkan travel story

WNA dari 4 Negara Ini Harus Serahkan Sertifikat Sehat Sebelum Masuk RIKepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 13 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Selain harus ada sertifikat kesehatan, para WNA dari keempat negara tersebut juga harus menyerahkan travel story. Travel story bertujuan agar pihak imigrasi mengetahui riwayat perjalanan dari yang bersangkutan.

"Kemudian nanti ada travel story-nya, travel story nanti dilihat dari paspornya, dilihat dari kalau story perjalanan. Kalau travel story sejarah perjalanan mereka. Karena kita ada surveillance tracking, kan ngikutin ini," ujar Moeldoko.

3. Penjagaan di pintu masuk bandara masih melalui pengecekan suhu

WNA dari 4 Negara Ini Harus Serahkan Sertifikat Sehat Sebelum Masuk RIKepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung KSP, Jakarta Pusat, Jumat 20 Januari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sementara, untuk penjagaan di pintu masuk bandara, masih sama seperti negara lain yaitu pengecekan suhu. Hal itu sudah diberlakukan sejak virus corona menyebar pertama kali di Tiongkok.

"Kalau standar-standarnya ngikutin negara lain, harus ada. Healthy body, ada suhu badan," jelasnya.

WNA dari 4 Negara Ini Harus Serahkan Sertifikat Sehat Sebelum Masuk RI(IDN Times/Arief Rahmat)

Baca Juga: Viral Video Pasien yang Diduga Kena Virus Corona, Ini Kata RSDP Serang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya