Jelang Malam Natal, Menko PMK-Kapolri Tinjau GRII dan Gereja Katedral

Cek keamanan pada malam misa natal

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meninjau langsung pelaksanaan misa malam Natal 2023 di Gereja Reformed Injili Indonesia (GRII) dan Gereja Katedral, Jakarta, Minggu (24/12/2023).

GRII menjadi tujuan pertama kunjungan Muhadjir dan Listyo. Mereka tiba pada pukul 15.34 WIB. Kemudian, keduanya bertolak ke Gereja Katedral yang tiba pada pukul 16.37 WIB.

Alur peninjauannya pun sama. Mereka menyempatkan diri untuk menyapa jemaat dan memberikan pesan selamat Natal.

Baca Juga: Jelang Nataru, Kemenkes Deteksi 41 Kasus Varian JN1 di DKI dan Batam

1. Muhadjir ucapkan selamat Natal

Jelang Malam Natal, Menko PMK-Kapolri Tinjau GRII dan Gereja KatedralMenko PMK dan Kapolri di Gereja Katedral, Minggu (24/12/2023). (IDN Times/Tino).

Dalam sambutannya, Muhadjir berharap, jemaat bisa mendapat keberkahan dalam misa malam Natal 2023. Dia juga menyampaikan salam hormat dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang tidak bisa hadir dalam kunjungan ini.

"Pertama, saya menyampaikan salam hormat dari Bapak Presiden Joko Widodo pada Romo Kardinal dan seluruh umat, khususnya yang sekarang sedang menjalankan kebaktian. Selamat merayakan Natal, kemuliaan bagi Allah dan damai sejahtera di Bumi dalam keadaan sehat dan bahagia," ujar Muhadjir di Gereja Katedral.

2. Natal mempererat persaudaraan

Jelang Malam Natal, Menko PMK-Kapolri Tinjau GRII dan Gereja Katedralilustrasi natal (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara, Jenderal Listyo menyebut malam misa Natal ajang mempererat persaudaraan se-Tanah Air. Itu karena masyarakat Indonesia yang ikut menjaga keamanan dan kenyamanan keberlangsungan Natal.

Toleransi yang tinggi ini, menurut Listyo, bisa membantu Indonesia menjadi negara maju.

"Indonesia dilahirkan dengan keberagaman, kalau kita jaga itu akan jadi kekuatan yang membawa Indonesia terus bergerak menjadi negara besar dan maju," kata Kapolri di Gereja Katedral.

Baca Juga: Tinjau Arus Mudik Nataru di Merak, Menko PMK: Waspada Cuaca Buruk

3. Polri amankan 39 ribu lebih gereja

Jelang Malam Natal, Menko PMK-Kapolri Tinjau GRII dan Gereja Katedralilustrasi natal (IDN Times/Aditya Pratama)

Demi menjaga keamanan malam misa Natal, ada 39.495 gereja yang diamankan di Tanah Air. Ada pula 55.095 kegiatan ibadah Natal yang bakal diamankan.

"Untuk hari ini, ada kurang lebih 39.495 gereja yang sudah kita amankan. Sementara, ada 50.095 kegiatan ibadah yang telah dilaporkan, dan ini menjagi bagian yang juga harus kita amankan," ujar Kapolri.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya