Ahok Belum Bisa Kampanye untuk Ganjar, Ungkap Alasannya

Ahok masih tunggu surat pemberhentian dari Erick Thohir

Jakarta, IDN Times - Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menjelaskan bahwa dirinya belum bisa berkampanye untuk mendukung calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Hal itu karena dia masih terikat oleh aturan badan usaha milik negara (BUMN), pasca mengajukan mundur dari kursi komisaris utama (komut) PT Pertamina yang merupakan perusahaan negara.

“Saya belum boleh berkampanye, ini saya jelasin. Peraturan BUMN, saya kan taat konstitusi, bukan konstituen makanya kadang-kadang orang suka marah sama saya,” kata Ahok dalam forum diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga: Ahok Disebut Kuda Putih Jokowi, Ganjar: Dia Teman Saya

1. Erick belum keluarkan surat pemberhentian Ahok

Ahok Belum Bisa Kampanye untuk Ganjar, Ungkap AlasannyaMenteri BUMN Erick Thohir ditemui usai acara Memilih Masa Depan di Djakarta Theater XXI Ballroom, Jakarta, Sabtu (3/2/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Ahok belum mengampanyekan Ganjar-Mahfud karena masih menunggu surat pengunduran diri resmi dari Menteri BUMN Erick Thohir. Ahok menjelaskan bahwa meskipun dia telah memutuskan untuk mundur, namun surat pengunduran dirinya belum dikeluarkan oleh Erick.

Ahok menjelaskan bahwa setelah surat tersebut dikeluarkan, dia akan secara otomatis berhenti dari jabatannya dalam waktu 30 hari setelah surat itu dikeluarkan.

“Ketika saya memutuskan mundur pada tanggal 1, Pak Erick gak mau keluarkan surat berhenti saya ini. Belum keluar ini (suratnya). Kalau dia keluarkan, saya otomatis berhenti 30 hari kemudian,” ujarnya.

Baca Juga: Perbandingan Gaji Ahok saat Jadi Komut Pertamina vs Gubernur DKI

2. Ahok pastikan belum melakukan kampanye setelah mundur

Ahok Belum Bisa Kampanye untuk Ganjar, Ungkap AlasannyaBasuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam forum diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Ahok menegaskan bahwa dia belum berkampanye selepas mengundurkan diri dari Pertamina. Dia tidak menyuruh siapa pun untuk memilih Ganjar, tetapi dia yakin bahwa orang-orang sudah dapat menebak arah dukungannya.

“Kalau saya kampanye itu kena pelanggaran. Jadi aku gak kampanye, aku gak nyuruh kalian pilih siapa kok. Tapi kalian sudah tahu maksud gua ke mana,” ujarnya.

3. Ahok sudah laksanakan proses administrasi pengunduran diri

Ahok Belum Bisa Kampanye untuk Ganjar, Ungkap AlasannyaBasuki Tjahaja Purnama alias Ahok dalam forum diskusi di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (8/2/2024). (IDN Times/Trio Hamdani)

Ahok menjelaskan bahwa statusnya sebagai komisaris utama belum jelas karena masih menunggu surat pemberhentian resmi. Dia menyinggung eks wakil menteri BUMN Rosan Roeslani yang telah menyatakan mundur, namun surat pemberhentiannya belum diterbitkan.

Ahok menegaskan bahwa meskipun dia sudah tidak lagi aktif di dalam perusahaan dan semua administrasi telah diurus, namun dia tidak mau berspekulasi atau membuat asumsi sebelum menerima surat pemberhentian resmi dari Kementerian BUMN.

“Kita sudah tanda tangan, semua, semua tanda tangan digital, semua sudah saya out,” ucap Ahok.

Baca Juga: Erick Pastikan Ahok Mundur Tak Beri Efek pada Kinerja Pertamina

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya