Debat Pilpres-Asam Sulfat Terbanyak Dibahas Warganet Selama Desember

Ada lebih 2.4 juta perbincangan seputar Pemilu 2024

Jakarta, IDN Times - Project Manager Socindex, Danu Setio Wihananto, menyebut jumlah pembicaraan di media sosial (medsos) tentang Pemilu 2024 mencapai lebih dari 2.4 juta perbincangan dalam rentang 1-15 Desember.

Artinya, topik pemilu tersebut mendapatkan perhatian signifikan di berbagai platform media sosial selama setengah bulan tersebut.

"Ini jauh meningkat dibandingkan dengan bulan lalu yang dengan periode yang sama selama dua minggu, itu bahkan jumlahnya tidak menembus sampai dengan 2 juta," kata dia dalam diskusi daring, Jumat (22/12/2023).

Danu menjelaskan, debat capres pada 12 Desember 2023 telah signifikan meningkatkan jumlah percakapan mengenai Pemilu 2024 di media sosial selama bulan ini.

"Kita bisa lihat juga di sini saya tampilkan data mengenai jumlah likes yang muncul di masing-masing postingan itu, bahkan mencapai 73 juta, dan jumlah akun yang terlibat dalam percakapan itu adalah 188.156," sebut Danu.

Baca Juga: Lawan Politik Dinilai akan Manfaatkan Isu Asam Sulfat Jatuhkan Gibran

1. Mayoritas perbincangan seputar debat capres

Debat Pilpres-Asam Sulfat Terbanyak Dibahas Warganet Selama DesemberYouTube/IDN Times

Dalam perbincangan mengenai debat capres, kata Danu, banyak aspek yang menjadi fokus pembicaraan. Mulai dari gestur capres, ide-ide yang mereka sampaikan, hingga dukungan yang diterima dari pendukung yang hadir selama debat.

Danu menyebut setelah debat capres perdana pada 12 Desember 2023, aktivitas perbincangan atau diskusi mengenai debat tersebut meningkat pada 13 Desember 2023.

"Ketika tanggal 13 perbincangan muncul dari pagi sampai dengan malam hari, sehingga memang perbincangannya begitu banyak. Tapi kemudian di hari-hari berikutnya perbincangan secara berangsur-angsur itu jumlahnya menurun," sebutnya.

2. Kabar format debat cawapres diubah juga ramai diperbincangkan

Debat Pilpres-Asam Sulfat Terbanyak Dibahas Warganet Selama Desembercawapres pemilu 2024 (instagram.com/Idntimes)

Danu menjelaskan, pembicaraan tentang perubahan format debat calon wakil presiden (cawapres) sempat mengemuka pada awal Desember. Pada 1 dan 2 Desember, pembicaraan tersebut meningkat signifikan.

Menurutnya, kabar terkait perubahan format debat capres dalam Pilpres 2024, di mana setiap debat dapat dihadiri capres dan cawapres, menuai kontra serta kritik dari masyarakat. Sebab, formatnya berbeda dengan Pilpres 2019.

"Beberapa warganet bahkan berasumsi bahwa ini akan menguntungkan salah satu pihak. Walaupun semua pasangan capres dan juga cawapres tidak merasa diuntungkan dengan format yang baru ini," tutur Danu.

3. Gibran salah sebut asam folat juga ramai diperbincangkan

Debat Pilpres-Asam Sulfat Terbanyak Dibahas Warganet Selama DesemberCawapres nomer urut 2, Gibran Rakabuming Raka. (IDN Times/Larasati Rey)

Topik lain yang ramai diperbincangkan, kata Danu, adalah mengenai cawapres nomor urut dua, Gibran Rakabuming Raka yang membuat kesalahan ucap dengan menyebut asam folat sebagai asam sulfat dalam konteks kebutuhan untuk ibu hamil.

Seharusnya, ibu hamil mengonsumsi asam folat, tetapi terjadi kesalahan penyebutan menjadi asam sulfat.

"Dan ini ramai sekali yang diperbincangkan oleh publik di tanggal 5, 6, 7, itu sangat banyak sekali, bahkan menjadi trending topic juga ya pada hari tersebut," terangnya.

Baca Juga: 9 Hal soal Debat Cawapres Perdana pada Pemilu 2024

4. Daftar topik yang paling banyak dibicarakan warganet

Debat Pilpres-Asam Sulfat Terbanyak Dibahas Warganet Selama DesemberCalon presiden Prabowo Subianto (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dari yang terbanyak, berikut topik seputar Pemilu 2024 yang paling banyak dibicarakan warganet:

  1. Debat Perdana Capres 192.887 perbincangan
  2. Gaduh Format Debat Cawapres Diubah 27.265 perbincangan
  3. Gibran Salah Sebut Asam Folat menjadi Asam Sulfat 26.445 perbincangan
  4. Pernyataan Prabowo "Ndasmu Etik" 15.649 perbincangan
  5. Gibran Bagi-bagi Susu di CFD Thamrin 7.284 perbincangan
  6. Jusuf Kalla Mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 6.598 perbincangan
  7. Kritik Cak Imin terkait Pembangunan Jalan Tol Tidak Dinikmati Tukang Becak 5.025 perbincangan
  8. Data Pemilih KPU Diduga Bocor 1.757 perbincangan
  9. Laporan Dana Awal Kampanye Capres-Cawapres 1.258 perbincangan.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres Pilpres 2024 pada Senin, 13 November 2023. KPU juga sudah mengundi nomor urut capres-cawapres pada Selasa 14 November 2023.

Hasilnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sedangkan, 11-13 Februari 2024 memasuki masa tenang, dan 14 Februari 2024 hari pencoblosan atau pemungutan suara yang bertepatan dengan Hari Valentin.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/ZedyW9SlrPY

Topik:

  • Rochmanudin
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya