Kasus Omicron di DKI Jakarta Tembus 414, BOR Naik Jadi 9 Persen

Pemprov DKI sudah bersiap hadapi gelombang ketiga COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kasus COVID-19 varian Omicron di DKI Jakarta bertambah 7 kasus. Jika ditotal, jumlah kasus aktif Omicron di ibu kota pada Selasa 10 Januari 2022 mencapai 414 kasus. 

“Kita tentu memperhatikan yang tadi saya bilang, setiap saat diperhatikan dan sudah mencapai 414 (kasus) Omicron,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, di Gedung Balai Kota Jakarta, Senin (10/1/2022).

1. Pemprov DKI bersiap apabila gelombang tiga COVID-19 terjadi

Kasus Omicron di DKI Jakarta Tembus 414, BOR Naik Jadi 9 Persenilustrasi varian baru COVID-19, Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Riza mengatakan, meski varian Omicron dikabarkan tidak seberbahaya varian delta, namun penyebarannya memang lebih cepat. Dia menyebut, pemprov sudah bersiap apabila gelombang ketiga COVID-19 terjadi.

“Sudah saya sampaikan Omicron tidak berbahaya seperti varian delta tapi penyebarannya lebih cepat. DKI Jakarta sudah mempersiapkan tidak hanya sekarang, tapi tahun lalu juga ada potensi kemungkinan gelombang 3 kami sudah melibatkan semua pakar dan ahli,” ujarnya.

Baca Juga: Menkes: Kita Akan Hadapi Gelombang Omicron, Tidak Usah Panik

2. BOR naik jadi 9 persen setelah Omicron terdeteksi masuk Jakarta

Kasus Omicron di DKI Jakarta Tembus 414, BOR Naik Jadi 9 PersenDirektur Perencanaan Organisasi dan Umum RSUP Persahabatan Yudhaputra Tristanto menunjukan ruangan isolasi pasien COVID-19 di RSUP Persahabatan. (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Dalam menanggulangi kasus Omicron, pihak pemprov telah melakukan koordinasi dengan semua instansi. Di sisi lain, Bed Occupancy Rate (BOR) di DKI Jakarta naik menjadi 9 persen per Minggu, 9 Januari 2022.

“Dari 3.385 tempat tidur, terpakai 348 ya ada peningkatan dari yang tadinya sudah turun sampai di 4 persen. Begitu juga ICU, dari 604 sudah terpakai 31 ini sedikit peningkatan,” kata Riza.

3. Per 9 Januari ada 1.874 kasus aktif di DKI

Kasus Omicron di DKI Jakarta Tembus 414, BOR Naik Jadi 9 PersenIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan data dari Satgas COVID-19, jumlah kasus COVID-19 di DKI Jakarta per 10 Januari bertambah 360 orang. Jumlah kasus baru mengalami peningkatan dibandingkan satu hari sebelumnya, yakni 281 kasus baru.

Per 9 Januari kemarin, kasus aktif kini sebanyak 1.874 (orang yang masih dirawat/isolasi). Riza mengatakan, seluruh warga diminta tetap berhati-hati apalagi daerah-daerah yang berpotensi adanya Omicron.

"Jadi semua hati-hati. Sekalipun ini bukan varian yang berbahaya tapi tidak boleh dianggap enteng tetap waspada lebih baik, kita tidak tahu," tuturnya.

Baca Juga: Menkes: Dari 414 Pasien Omicron, Hanya 2 Orang yang Butuh Oksigen

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya