Polda Metro Jaya Fasilitasi Pihak yang Ingin Gelar Tes Urine

Tes urine akan dilakukan sesuai dengan permohonan

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak yang ingin melakukan tes urine. Misalnya, bagi perusahaan yang membutuhkan tes urine untuk karyawannya.

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mukti Juharsa, mengatakan, tes urine ini dilakukan bukan berdasarkan inisiatif kepolisian, melainkan permintaan pihak yang membutuhkan.

"Menunggu permintaan, bukan kita proaktif. Kan ini bisa juga digunakan untuk tetangga, misalnya mencurigai adanya narkoba terus ketua RW-nya minta tolong, baru kita bantu. Jadi kerja sama bukan kita jemput bola," ujar Mukti, dilansir dari ANTARA, Minggu (30/10/2022).

Baca Juga: Polda Metro Jaya Bakal Gelar Tes Urine Khusus Mahasiswa Mulai November

1. Pengembangan program tes urine di kampus

Polda Metro Jaya Fasilitasi Pihak yang Ingin Gelar Tes Urineilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Kerja sama soal tes urine ini merupakan pengembangan dari rencana dilakukannya program tes urine massal di lingkungan kampus.

Namun, ia menekankan rencana dilakukannya program tes urine di kampus juga dilakukan apabila ada permohonan dari pihak universitas.

"Nanti kita kerja sama dulu. Ingat, kami kerja sama dalam arti kampus mana yang meminta, kami siapkan," kata dia.

Baca Juga: Ikuti Tes Urine, Dua ASN di Tulungagung Sempat Dinyatakan Positif

2. Tidak terbatas hanya di kampus tapi juga sekolah hingga lingkup RT

Polda Metro Jaya Fasilitasi Pihak yang Ingin Gelar Tes UrineDok.IDN Times/istimewa

Mukti juga menjelaskan program pencegahan peredaran narkoba dengan tes urine itu tidak terbatas hanya untuk lingkup kampus dan perkantoran, tetapi juga di kampung-kampung dan perumahan.

“Sebenarnya bukan kampus saja, itu untuk semuanya, buat sekolah, di Kampung Tangguh juga, bukan khusus untuk kampus, tapi untuk semuanya,” terang dia.

Baca Juga: Sesuai Perintah Kapolri, Polda Metro Tarik Buku Tilang dari Polantas

3. Untuk menekan peredaran narkoba

Polda Metro Jaya Fasilitasi Pihak yang Ingin Gelar Tes UrineKepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan, Gusti Anwar Mulyadi, bersama jajarannya melakukan tes urine narkoba. (Sumber: Basarnas Balikpapan)

Mukti mengatakan, semua pihak, mulai dari pengurus RT, RW, hingga sekolah boleh mengajukan permohonan untuk dilakukan tes urine kepada Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

“Tujuannya untuk menekan peredaran narkoba di Jakarta. Jadi bukan untuk kampus saja tapi buat semuanya," tutur dia.

Baca Juga: Ditahan di Polda Metro, Irjen Teddy Belum Ditampilkan Pakai Baju Tahanan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya