Uji KIR di Cakung Jaktim Tiba-tiba Disidak Heru, Banyak yang Terkejut

Didampingi Kadishub Syafrin Liputo

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur, Senin (26/12/2022.

Dalam sidak tersebut, Heru didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI, Syafrin Liputo beserta Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar.

1. Heru mengecek pengujian kendaraan bermotor

Uji KIR di Cakung Jaktim Tiba-tiba Disidak Heru, Banyak yang TerkejutPetugas Uji KIR melakukan pengecekan kendaraan yang ingin memperpanjang Uji KIR di Dishub Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Heru mengecek pengujian kendaraan bermotor di lajur uji KIR. Namun, di lokasi tidak ditemukan adanya kendaraan yang akan melakukan uji KIR.

Staf Layanan Informasi UP PKB Ujung Menteng, Sari Wariastuti mengaku terkejut akan kedatangan Heru dan jajarannya. Ia pun gugup menjawab pertanyaan dari Heru.

"Karena yang bertanya Pak Pj Gubernur ya otomatis saya grogi. Tapi alhamdulillah bisa dijawab. Karena pertanyaannya umum dan sudah biasa ditanyakan orang setiap harinya," kata dia.

Baca Juga: Alur dan Syarat Uji KIR, Mobil Niaga Wajib Lulus

2. Pemohon harus daftar lebih dulu

Uji KIR di Cakung Jaktim Tiba-tiba Disidak Heru, Banyak yang TerkejutAlat uji di UPT KIR Bandar Lampung. (IDN Times/Rohmah Mustaurida).

Sari kemudian menjelaskan, dalam uji KIR ini, pemohon harus mendaftar terlebih dahulu melalui aplikasi e-kir Jakarta booking. Dari aplikasi tersebut, pemohon harus mengisi formulir untuk pendaftaran uji KIR.

"Kemudian pemohon membayar langsung ke teller Bank DKI atau bisa langsung melalui ATM," ujar dia.

Baca Juga: Dishub Kota Depok Kekurangan Petugas Uji KIR Kendaraan

3. Ada 330 kendaraan yang lakukan uji KIR

Uji KIR di Cakung Jaktim Tiba-tiba Disidak Heru, Banyak yang TerkejutIDN Times/Yogi Pasha

Kasatpel UP PKB Ujung Menteng, Suratman menambahkan, setiap harinya, tercatat ada 330 kendaraan yang menjalani uji KIR. Dari jumlah tersebut, lima persen kendaraan di antaranya tidak lulus uji KIR.

"Rata-rata kendaraan yang menjalani uji KIR setiap hari sekitar 330 kendaraan. Kecuali Sabtu, jumlah kendaraan yang uji KIR hanya 264 kendaraan," katanya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya