Kapolda Metro Jaya Dicopot hingga Nikita Mirzani Dilaporkan ke Polisi

Indonesia Hari Ini tahanan Polri pada positif COVID-19

Jakarta, IDN Times - Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya. Kerumunan yang terjadi di Jakarta dan wilayah Jawa Barat diduga menjadi pemicu pencopotan.

Tak hanya soal pencopotan Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat saja, sejumlah berita juga menyedot perhatian pembaca IDN Times sepanjang Senin (16/11/2020), antara lain beberapa tahanan Polri yang positif COVID-19 dan tindakan pemerintah terhadap pejabat yang lalai protokol kesehatan.

1. Kapolda Metro Jaya dan Jawa Barat dicopot, efek Rizieq Shihab?

Kapolda Metro Jaya Dicopot hingga Nikita Mirzani Dilaporkan ke PolisiKapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol.Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Pencopotan itu sesuai dengan surat telegram rahasia (TR) Kapolri Nomor ST 3222/XI/Kep/2020 pada 16 November 2020, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan jabatan di lingkungan Polri.

Apa alasan pencopotan kedua pejabat polisi ini? Baca selengkapnya di tautan ini.

2. Dianggap hina Rizieq, Nikita Mirzani dilaporkan ke polisi

Kapolda Metro Jaya Dicopot hingga Nikita Mirzani Dilaporkan ke PolisiTerdakwa artis Nikita Mirzani duduk menunggu dimulainya sidang kasus penganiayaan terhadap mantan suaminya Dipo Latief dengan agenda pembacaan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (22/6/2020) (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Baca Juga: Kesaksian Teman yang Temukan Jasad Dylan Sada di Rumahnya

Kasus dugaan penghinaan yang diduga dilakukan selebritas Nikita Mirzani kepada pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, kini dibawa ke ranah hukum oleh Forum Masyarakat Pecinta Umat (FMPU) DKI Jakarta.

Nikita dilaporkan setelah diduga menghina Rizieq dengan sebutan "tukang obat". Medsos Nikita juga dilaporkan. Lihat selengkapnya di tautan berikut ini.

3. Petinggi KAMI Jumhur Hidayat dan 6 tahanan Polri positif COVID-19

Kapolda Metro Jaya Dicopot hingga Nikita Mirzani Dilaporkan ke PolisiJumhur Hidayat (ANTARA FOTO/Jafkhairi)

Salah satu petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jumhur Hidayat dinyatakan positif COVID-19. Bukan hanya Jumhur, ada sejumlah tahanan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri yang juga positif virus corona.

"Tujuh tahanan DitipidSiber positif COVID-19," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Prabowo Argo Yuwono dalam keterangannya, Senin (16/11/2020).

Bagaimana mereka bisa tertular? Cek di link berikut ini.

4. Jangan main-main, pemerintah akan tindak tegas pengumpul massa saat pandemik

Kapolda Metro Jaya Dicopot hingga Nikita Mirzani Dilaporkan ke PolisiANTARA/Moch Asim

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD memberi peringatan keras kepada siapa pun yang melanggar protokol kesehatan COVID-19. Hal itu diungkapkan Mahfud buntut dari acara yang digelar oleh Pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab pada Sabtu, 14 Oktober 2020 lalu.

Seperti apa pernyataan Mahfud? Baca di tautan ini gaes.

5. Arab Saudi tangguhkan akses umrah negara asing, kenapa?

Kapolda Metro Jaya Dicopot hingga Nikita Mirzani Dilaporkan ke PolisiJemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Pemerintah Saudi akhirnya memutuskan untuk menangguhkan sementara waktu akses masuk bagi jemaah umrah dari luar Negara Petro Dolar tersebut. Akses masuk bagi peserta umrah dari Indonesia dan Pakistan ditunda selama dua pekan. 

Apa keputusan itu diambil usai ditemukan 13 peserta umrah dari Indonesia yang terpapar COVID-19? Baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: [BREAKING] Kapolda Jatim Irjen Muhammad Fadil Jabat Kapolda Metro 

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya