Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng Bersubsidi

Harga minyak goreng melambung hingga Rp21 ribu per liter

Jakarta, IDN Times - Kasus penyebaran COVID-19 varian Omicron terus meningkat. Hingga Selasa 4 Januari 2022, tercatat ada 254 kasus dan sebagian besar, 252 kasus, terdeteksi di ibu kota DKI Jakarta. 

Kementerian Kesehatan pun mengeluarkan surat edaran pencegahan dan pengendalian COVID-19 varian ini. Selain Omicron, perhatian pembaca IDN Times sepanjang hari kemarin juga tersedot pada rencana pemerintah menggelontorkan minyak goreng bersubsidi. Saat ini minyak goreng kemasan dibanderol antara Rp20 ribu hingga Rp21 ribu per liter. 

Sejumlah artikel lain yang dirangkum dalam #IndonesiaHariIni juga menyita perhatian pembaca. 

1. Kasus Omicron didominasi warga yang baru datang dari luar negeri

Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng BersubsidiIlustrasi Kronologi Penemuan Kasus Pertama Omicron di Indonesia/IDN Times Aditya

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan penambahan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia masih didominasi oleh WNI yang baru kembali dari perjalanan luar negeri.

Kemenkes mencatat, dari 254 kasus, sebanyak 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional (imported case). Sedangkan, 15 kasus Omicron lainnya berasal dari transmisi lokal. Selanjutnya baca di tautan ini.

2. Jadi tersangka penyebaran hoaks, Bahar bin Smith ditahan

Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng BersubsidiBahar bin Smith (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kepolisian Daerah Jabar menahan dan menetapkan penceramah kondang Bahar bin Smith sebagai tersangka dalam kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, mengungkap ada dua alasan polisi menahan Bahar bin Smith (BS). Bahar diketahui ditahan Polda Jawa Barat terkait kasus penyebaran berita bohong atau hoaks.

Ramadhan mengungkapkan, alasan pertama adalah subjektif dari penyidik, yang khawatir Bahar mengulangi tindak pidana dan menghilangkan barang bukti. Simak selanjutnya di sini.

Baca Juga: BRIN Sebut ASN di Eijkman Sebelum Peleburan Hanya Tenaga Administrasi

3. Jokowi minta RUU TPKS segera disahkan

Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng BersubsidiPresiden Republik Indonesia, Joko Widodo (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo berharap Rancangan Undang-Undang Tindak Pidana Kekerasan Seksual (RUU TPKS) untuk segera disahkan. Hal itu, katanya, guna memberikan perlindungan kepada korban kekerasan seksual.

Jokowi menuturkan perlindungan terhadap korban kekerasan seksual perlu menjadi perhatian bersama, terutama kekerasan seksual pada perempuan yang mendesak dan harus segera ditangani. Seperti apa pernyataan Jokowi? Baca di link berikut ini.

4. Fakta-fakta baru kasus TNI tabrak warga di Nagreg

Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng BersubsidiReka adegan tabrak lari di Kecamatan Nagreg, Jawa Barat pada Senin, 3 Januari 2022 (IDN Times/Aris Darussalam)

Polisi Militer TNI menggelar reka adegan peristiwa tabrak lari yang menewaskan sepasang remaja Salsabila (14 tahun) dan Handi Saputra (17 tahun). Peristiwa tragis itu melibatkan tiga anggota TNI Angkatan Darat (AD) sebagai tersangka. 

POM TNI menghadirkan tiga tersangka yakni Kolonel Infanteri Priyanto, Kopda Andreas Dwi Atmoko, dan Koptu A. Sholeh. Ada tiga fakta baru yang terungkap dari kasus tabrak lari tersebut. Simak di sini.

5. Ibu-ibu! Bakal ada minyak goreng bersubsidi seharga Rp14 ribu

Omicron Naik, Bahar Smith Ditahan Lagi hingga Minyak Goreng BersubsidiIlustrasi Minyak Goreng. (IDN Times/Sunariyah)

Pemerintah akan menggelontorkan minyak goreng kemasan sederhana seharga Rp14 ribu per liter ke pasar-pasar tradisional. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga terjangkau di tengah fenomena lonjakan harga.

Selama periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, penyaluran minyak goreng kemasan sederhana Rp14 ribu per liter hanya dilakukan melalui ritel modern. Cek selengkapnya di sini.

Baca Juga: Kronologi Dirut PLN Darmawan Prasodjo Terpapar COVID-19

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya