Comscore Tracker

Duh! Kasus Omicron di Indonesia Naik Lagi, Jadi 254

Kasus COVID-19 varian Omicron transmisi lokal jadi 15 orang

Jakarta, IDN Times - Kasus penyebaran COVID-19 varian Omicron naik lagi. Per hari ini, tercatat ada 92 kasus baru Omicron, sehingga totalnya menjadi 254 kasus.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan penambahan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia masih didominasi oleh WNI yang baru kembali dari perjalanan luar negeri.

Duh! Kasus Omicron di Indonesia Naik Lagi, Jadi 254ilustrasi virus corona varian Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemenkes mencatat, dari 254 kasus, sebanyak 239 kasus dari pelaku perjalanan internasional (imported case). Sedangkan, 15 kasus Omicron lainnya berasal dari transmisi lokal.

“Mayoritas (penularan) masih didominasi pelaku perjalanan luar negeri. Dari hasil pemantauan, sebagian besar kondisinya ringan dan tanpa gejala. Gejala paling banyak adalah batuk (49 persen) dan pilek (27 persen),” kata Nadia dalam keterangan resmi Kemenkes, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: Data Omicron Jakarta dan Nasional Beda, Ini Penjelasan Pemprov DKI

2. Omicron menular lebih cepat dari Delta

Duh! Kasus Omicron di Indonesia Naik Lagi, Jadi 254ilustrasi virus corona varian Omicron (IDN Times/Aditya Pratama)

Kemenkes menyatakan varian Omicron memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat dibandingkan varian Delta. Sejak ditemukan pertama kali pada 24 November 2021 di Afrika Selatan, kini Omicron telah terdeteksi di lebih dari 110 negara dan diperkirakan akan terus meluas.

Di level nasional, pergerakan Omicron juga terus meningkat sejak pertama kali dikonfirmasi pada 16 Desember 2021.

3. Pasien Omicron terbanyak di Jakarta

Duh! Kasus Omicron di Indonesia Naik Lagi, Jadi 254ilustrasi virus corona (IDN Times/Aditya Pratama)

Per Senin (3/1/2022) kemarin, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melaporkan kasus varian Omicron terus naik. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut, sudah 162 orang di DKI Jakarta yang terinfeksi varian Omicron per kemarin.

"Seperti kita ketahui belakangan ini Omicron semakin meningkat. Di Jakarta sendiri kasusnya sudah 162 orang," kata Riza kepada wartawan, Senin (3/1/2022) malam.

Baca Juga: Satgas Ungkap Alasan PTM Tetap 100 Persen Meski Ada Omicron

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya