RI Bersiap Kirim Jemaah Umrah hingga Update Wilayah PPKM Level 4

Hanya tinggal 1 daerah di luar Jawa-Bali berstatus level 4

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Arab Saudi memberi lampu hijau kepada Indonesia untuk mengirimkan jemaah umrah. Kemenag pun meminta travel-tavel umrah bersiap. Ibadah umrah tertunda lebih dari setahun seiring pandemik COVID-19.

Selain soal kebijakan umrah, pembaca IDN Times sepanjang Senin 11 Oktober 2021 juga menyoroti masalah Partai Ummat, kekerasan terhadap anak dan update wilayah yang masih melaksanakan PPKM Level 4. Semua dirangkum dalam #IndonesiaHariIni.

1. Kemenag minta biro travel bersiap usai Saudi izinkan umrah

RI Bersiap Kirim Jemaah Umrah hingga Update Wilayah PPKM Level 4Ilustrasi/Jemaah Umrah yang kembali melaksanakan Umrah Perdana di Makkah dalam Pandemik COVID-19 (Dok. KJRI Jeddah/Fauzy Chusny)

Kementerian Agama (Kemenag) meminta biro travel penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) untuk bersiap memberangkatkan jemaah. Hal itu seiring dengan adanya lampu hijau dari Arab Saudi yang akan membuka pintu bagi jemaah umrah asal Indonesia.

Permintaan untuk bersiap itu disampaikan Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umrah (PHU) Kemenag, Hilman Latief, dalam Surat Edaran Nomor B-11.029/DJ.II.IV/HJ.09/10/2021.  Selengkapnya baca di sini.

Baca Juga: Fenomena Gunung Es Hukuman Mati pada Perempuan Kian Tak Manusiawi

2. Anak orang terkaya RI bicara soal BCA

RI Bersiap Kirim Jemaah Umrah hingga Update Wilayah PPKM Level 4Armand Hartono (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Wakil Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk atau BCA, Armand Hartono menyatakan bahwa pihaknya relatif siap menghadapi digitalisasi di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat saat ini.

"Dalam skala 1-10, saya letakkan kesiapan kami menghadapi digitalisasi dan teknologi ada di angka 8 atau 9," ujar Armand. Bagaimana prosesnya? Baca di sini.

3. Duh! Satu dari 11 anak perempuan di RI mengalami kekerasan seksual

RI Bersiap Kirim Jemaah Umrah hingga Update Wilayah PPKM Level 4Ilustrasi kekerasan seksual (IDN Times/Sukma Shakti)

Berdasarkan laporan Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) pada 2020, angka kekerasan terhadap anak perempuan melonjak 2.341 kasus atau sekitar 65 persen dari tahun sebelumnya. Sejak Januari hingga Oktober 2020, kekerasan seksual secara daring mencapai 659 kasus.

Sementara, KPAI menerima laporan 651 kasus yang berkaitan dengan pornografi dan kejahatan siber sepanjang 2020, sebagian besar korbannya anak perempuan. Simak selanjutnya di tautan ini.

4. Tinggal satu daerah di luar Jawa-Bali yang masih berstatus PPKM Level 4

RI Bersiap Kirim Jemaah Umrah hingga Update Wilayah PPKM Level 4Kondisi pasar tekstil atau bahan Cipadu saat pandemik COVID-19 dan PPKM level 4 (IDN Times/Shemi)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan daerah yang masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 tinggal satu kabupaten/kota. Namun, ia tak menyebutkan kabupaten/kota mana yang masih menyandang status tersebut.

"Dari asesmen mingguan di kabupaten/kota di luar Jawa-Bali, dari 386 kabupaten/kota, satu kabupaten/kota masih di level 4, 38 kabupaten/kota di level 3, dan 278 kabupaten/kota di level 2, dan 69 kabupaten/kota di level 1," ujar Airlangga. Simak selengkapnya di sini.

5. Buni Yani ungkap fakta soal kader Partai Ummat Depok cabut ramai-ramai

RI Bersiap Kirim Jemaah Umrah hingga Update Wilayah PPKM Level 4(Terdakwa Buni Yani) ANTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra

Baru saja deklarasi sebagai partai baru di Indonesia, sejumlah pengurus Partai Ummat DPD Kota Depok membubarkan diri. Terkait hal ini, Ketua DPP Partai Ummat Buni Yani menegaskan, publik tidak mengetahui fakta sebenarnya.

"Saya mengatakan kehebohan ini diciptakan oleh media, karena sebagian besar mereka tidak paham fakta yang sebenarnya terjadi," kata Buni Yani. Cek detailnya di sini.

Baca Juga: Demokrat Bantah Gandeng Hamdan Zoelva Cuma buat Lawan Yusril

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya