Agum-Wiranto Hadir di Hambalang, Pengamat: Dukungan Moral Buat Prabowo

Prabowo satu-satunya bacapres dari kalangan keluarga TNI

Jakarta, IDN Times - Dua Jenderal Purnawirawan TNI, yakni Wiranto dan Agum Gumelar, menghadiri silaturahmi politik antarelite parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) di kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/202).

Wiranto merupakan mantan Panglima ABRI dan Agum Gumelar pernah menjabat sebagai Komandan Jenderal Kopassus.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin, menilai kehadiran Agum dan Wiranto sebagai upaya Prabowo meraih dukungan dari keluarga TNI jelang Pilpres 2024.

"Sangat penting kehadiran Agum Gumelar dan Wiranto karena itukan senior dan tokoh nasional yang berlatar belakang tentara. Dan ini dibutuhkan untuk bisa memenangkan Prabowo sebagai sebagai keluarga besar tentara di Pilpres 2024 nanti," kata Ujang saat dihubungi IDN Times, Senin (18/9/2023).

1. Bagian dari dukungan moral

Agum-Wiranto Hadir di Hambalang, Pengamat: Dukungan Moral Buat PrabowoKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi kediaman Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat (Instagram/Prabowo)

Ujang mengatakan kehadiran Agum dan Wiranto juga untuk memberikan dukungan moral kepada Prabowo. Sebab Prabowo merupakan satu-satunya bacapres yang merepresentasikan kalangan TNI.

"Mungkin bagian dari dukungan moral yang diberikan oleh Agum Gumelar dan Wiranto kepada Prabowo sebagai satu-satunya keluarga besar tentara yang ikut dalam kontestasi pilpres 2024. Saya sih melihatnya mungkin ada rasa solidaritas, kepedulian dan ingin Prabowo menang makanya mereka datang," jelas dia.

Baca Juga: Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

2. Upaya mencegah keluarga TNI mendukung bacapres lain

Agum-Wiranto Hadir di Hambalang, Pengamat: Dukungan Moral Buat PrabowoKetua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengunjungi kediaman Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat (Instagram/Prabowo) sbyprabowo prabowosby

Di sisi lain, kata Ujang, Prabowo juga mencegah dukungan dari keluarga tentara justru mengalir ke gerbong koalisi dan capres lain. Terlebih, Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa saat ini sudah resmi menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) bacapres Ganjar Pranowo.

"Karena jangan sampai keluarga tentara ditarik atau gerbongnya di bawah ke capres yang lain. Maka itu kehadiran Wiranto dan Agung Gumelar menjadi penting untuk menjaga kesolidan kemenangan Prabowo ke depan khususnya untuk bisa mempersatukan mantan purnawirawan di kubu Prabowo," tutur dia.

3. Gerindra jelaskan alasan Wiranto dan Agum Gumelar hadir di Hambalang

Agum-Wiranto Hadir di Hambalang, Pengamat: Dukungan Moral Buat PrabowoWiranto saat mengunjungi kediaman Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat (dok. Gerindra)

Sebelumnya, Waketum Partai Gerindra, Budi Djiwandono menjelaskan alasan Agum dan Wiranto hadir dalam acara tersebut. Dia mengatakan, kehadiran keduanya untuk bernostalgia. Budi memastikan hubungan antara Prabowo dengan Agum dan Wiranto sangat erat.

Kemudian saat ditanya apakah Wiranto akan menjadi komunikator di koalisi, Budi menuturkan, menghargai semua persepsi yang beredar. Dia menyebut, kehadiran Wiranto juga untuk berdiskusi dan bertukar pikiran.

"Pak Wiranto sebagai salah satu senior TNI yang kita sangat hargai. Beliau juga beberapa waktu lalu banyak komunikasi dengan Bapak Prabowo, diterima oleh Partai Gerindra juga dan Pak Prabowo di Hambalang ini juga. Dan kembali tadi diundang untuk berdiskusi, bertukar pikiran, dan Insyaallah nanti kita harapkan bersama, akan berjuang bersama," ucap Budi saat ditemui awak media usai menggelar pertemuan antara parpol KIM dan Demokrat di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Baca Juga: Laskar Prabowo 08 Deklarasi Dukung Prabowo Capres 2024

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya