Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang Berprestasi

Alam Ganjar kerap menyabet penghargaan bergengsi

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden 2024 dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo, tengah menjadi bahan perbincangan publik usai membuat konten bersama anaknya Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Konten tersebut dinilai terlalu privasi dan dianggap menjadi bagian strategi Ganjar untuk menaikkan citranya dalam kepentingan politik.

Dalam unggahan akun Twitter @pangeransiahaan dengan cuitan "Father and son deep talk", terlihat video Ganjar Pranowo tengah duduk dan ngobrol berdua dengan anaknya Muhammad Zinedine. Tanpa basa-basi, Zinedine menanyakan soal perasaan Ganjar yang sulit membagi waktu.

"Ayah kan sering ke mana-mana, jadi secara fisik waktu yang dihabiskan sama aku dan bunda kepotong, kalau dari perasaan ayah sendiri gimana?" tanya Zinedine.

Ganjar menjelaskan hal tersebut berat baginya, namun saat dia terjun ke dunia politik dia telah menyampaikan segala risiko terlebih dahulu kepada keluarganya.

"Ketika kita berada pada jabatan publik, waktu pasti akan tersita dan terbagi. Mesti ikhlas atau tidak? Kalau tidak, tentu pilihan kita ada pada pilihan take it or leave it, apa yang terjadi merasa utang aja," sambungnya.

Potongan video berdurasi 2 menit 27 detik itu viral di media sosial, dalam video itu terlihat Zidane menitikkan air mata saat ngobrol dengan sang ayah.

Muhammad Zidane pun menjadi sorotan warganet. Seperti apa sosoknya? Berikut merupakan profil putra Gubernur Jawa Tengah tersebut.

1. Alam meraih medali emas dalam kompetisi sains di Korea Selatan

Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang BerprestasiAlam Ganjar (instagram.com/alamganjar)

Muhammad Zinedine Alam Ganjar atau kerap disapa Alam Ganjar merupakan anak tunggal dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dia lahir di Jawa Tengah, 14 Desember 2001.

Saat Alam masih duduk di bangku SMP, dia pernah meraih medali emas dalam kompetisi sains yang dihelat di Korea Selatan pada 2015.

Baca Juga: Jika Jadi Presiden, Ganjar Bakal Koreksi Program Jokowi yang Tidak Pas

2. Kerap menyabet prestasi bergengsi, kini Alam menempuh pendidikan di UGM

Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang BerprestasiAlam Ganjar (instagram.com/alamganjar)

Alam Ganjar adalah siswa lulusan SMA Negeri 3 Semarang, yang saat ini tengah menempuh pendidikan jurusan Teknologi Industri di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta.

Tumbuh sebagai anak politisi, Alam memiliki beberapa prestasi bergengsi. Dia pernah tergabung dalam perusahaan siswa sekolah bernama Sagasco Student.

3. Tak hanya berprestasi, Alam memiliki sejumlah hobi yang ditekuni

Profil Zinedine Alam Ganjar, Putra Ganjar Pranowo yang BerprestasiAlam Ganjar (instagram.com/alamganjar)

Dia pernah meraih juara ketiga dan mendapatkan penghargaan The Best Financial Management Award di tahun 2019, usai mengenalkan produk Echoes dan Whynotes yakni alas kaki dan binder multifungsi berbahan dasar eceng gondok yang dikombinasikan dengan batik.

Tak hanya itu, putra tunggal Ganjar Pranowo ini juga aktif dalam menekuni hobinya. Dia kerap membagikan momen dirinya saat bermain sepak bola, travelling, dan bermain musik.

Baca Juga: Golkar dan PAN Dukung Prabowo, Ganjar: Itu Biasa-Biasa Saja

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya