Amien Rais Curiga Ada Kekuatan Besar Tak Loloskan Partai Ummat di 2024

Partai Ummat klaim satu-satunya parpol yang tak lolos

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Syura Partai Ummat, Amien Rais, menduga ada kekuatan besar sehingga tak meloloskan partainya sebagai partai politik (parpol) peserta Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Amien Rais mengklaim, memperoleh informasi terpercaya terkait adanya manipulasi data verifikasi faktual yang dilakukan oleh KPU. Dari informasi itu, Amien menyebut Partai Ummat menjadi satu-satunya partai yang tak diloloskan oleh KPU menjadi peserta Pemilu 2024.

"Kami mendapatkan informasi A1 yang valid, bahwa pada 14 Desember 2022 nanti seluruh partai baru dan partai non parlemen akan diloloskan oleh KPU kecuali Partai Ummat," ujar Amien Rais dalam video yang diunggah di akun Instagram Partai Ummat, dilihat IDN Times pada Selasa (13/12/2022).

"Tampaknya atas perintah kekuatan yang besar, Partai Ummat disingkirkan, atau satu-satunya yang disingkirkan sehingga Partai Ummat tidak bisa ikut Pemilu 2024," sambung dia.

Baca Juga: KPU Pastikan PKPU Akomodir Pengundian Nomor Urut Parpol  

1. Amien Rais duga ada manipulasi verifikasi faktual

Amien Rais Curiga Ada Kekuatan Besar Tak Loloskan Partai Ummat di 2024Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais dan Ketua Umum Partai Ummat, Ridho Rahmadi daftarkan Partai Ummat ke KPU. (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Amien Rais menilai, keputusan tersebut penuh dengan kejanggalan. Dia juga menduga KPU melakukan manipulasi data terkait partai-partai yang akan diloloskan.

"Bagi kami, keputusan yang akan dikeluarkan KPU ini sangat bias dan penuh kejanggalan yang tidak masuk akal. Terlebih kita semua telah menyimak berita-berita hari ini di beberapa berita mainstream yang mensinyalir adanya manipulasi oleh KPU untuk meloloskan partai-partai tertentu," ucap dia.

Baca Juga: Deretan Tokoh yang Bahas Pemilu Ditunda hingga Jokowi Tiga Periode

2. Partai Ummat ajukan tiga tuntutan

Amien Rais Curiga Ada Kekuatan Besar Tak Loloskan Partai Ummat di 2024Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta Pusat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Lebih lanjut, Amien Rais menjelaskan tuntutan yang pihaknya ajukan kepada KPU RI. Berikut tuntutannya:

1. Menuntut agar semua hasil verifikasi yang telah dilakukan KPU terhadap partai-partai baru dan non parlemen untuk segera diaudit oleh tim independen.

2. Menuntut agar semua hasil verifikasi administrasi yang dilakukan KPU terhadap partai-partai parlemen untuk juga diaudit secara independen dan dibuka ke publik.

3. Menutut DKPP untuk segera memeriksa seluruh jajaran KPU pusat terkait adanya kuat intervensi yang dilakukan KPU Pusat ke KPU provinsi dan daerah mengenai hasil verifikasi faktual di provinsi dan daerah. Serta segera memberhentikan oknum-oknum yang melakukan pelanggaran.

Baca Juga: Tim Hukum Advokasi Pemilu Bersih 2024 Layangkan Somasi ke KPU RI

3. KPU umumkan partai peserta pemilu pada 14 Desember

Amien Rais Curiga Ada Kekuatan Besar Tak Loloskan Partai Ummat di 2024Lambang Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik, menegaskan pihaknya baru akan mengumumkan peserta Pemilu 2024 pada besok, atau tepatnya Rabu, 14 Desember 2022.

"Jadi, sampai saat ini KPU RI belum melakukan rekapitulasi nasional atas hasil verifikasi faktual calon peserta pemilu," ujar Idham saat dihubungi

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya