Demo di Patung Kuda, Buruh Minta Menteri Tak Ancam Rakyat soal Resesi

Buruh suarakan enam tuntutan, salah satunya tolak BBM naik

Jakarta, IDN Times - Ribuan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh menggelar aksi demonstrasi di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022).

Dalam aksi itu, Presiden KSPI, Said Iqbal, meminta pemerintah, khususnya para menteri untuk tidak menakut-nakuti rakyat dengan narasi ancaman resesi.

"Hentikan kalimat kebohongan dan provokatif yang menyatakan ancaman resesi akan menimbulkan dampak serius," kata dia kepada awak media di lokasi aksi.

Baca Juga: Demo di Monas, Mahasiswa Papua Minta Lukas Enembe Serahkan Diri ke KPK

1. Buruh tolak kebijakan PHK dengan dalih ancaman resesi

Demo di Patung Kuda, Buruh Minta Menteri Tak Ancam Rakyat soal ResesiPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh, Said Iqbal (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Said Iqbal menegaskan, pihaknya menolak keras kebijakan PHK besar-besaran di tengah ancaman resesi global. Sikap tersebut disampaikannya terkait pernyataan sejumlah menteri yang mengatakan bahwa 2023 dunia akan menghadapi resesi besar.

"Para menteri yang menyatakan ancaman di depan mata adalah provokatif dan menimbulkan ketakutan bagi kaum buruh dengan momok monster PHK," ujar dia.

Baca Juga: Petani dan Buruh Tembakau Dukung Prabowo Nyapres

2. Menteri seharusnya tumbuhkan optimisme

Demo di Patung Kuda, Buruh Minta Menteri Tak Ancam Rakyat soal ResesiPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Partai Buruh, Said Iqbal (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Pihaknya juga meminta kepada jajaran di kabinet untuk menumbuhkan optimisme, bukan menakuti rakyatnya sendiri. Menurut dia, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah melakukan pencegahan agar dampak resesi global di Indonesia bisa ditekan.

"Partai buruh kecam keras kalimat yang pesimis yang bertentangan dengan sikap Presiden Jokowi yang menyuarakan optimisme," tutur Said Iqbal.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Lindungi Buruh Migran dari Hukuman Mati

3. Buruh usung enam tuntutan, tolak BBM naik hingga wujudkan reformasi agraria

Demo di Patung Kuda, Buruh Minta Menteri Tak Ancam Rakyat soal ResesiDemo buruh di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Rabu (12/10/2022) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain itu, Said Iqbal mengungkapkan enam tuntutan yang disuarakan buruh dalam aksi yang digelar hari ini. 

"Tuntutan buruh hari ini ada enam, di antaranya tolak kenaikan harga BBM, tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, naikan UMK/UMSK tahun 2023 sebesar 13 persen, tolak PHK di tengah ancaman resesi global, wujudkan reforma agraria, dan sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga," ucap dia.

Baca Juga: Partai Buruh Akan Gelar Demo 12 Oktober Tolak Kenaikan BBM

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya