Demokrat: Kecil Kemungkinan Ada Poros Baru

Demokrat lebih mungkin merapat ke Prabowo atau Ganjar

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat, Herman Khaeron, mengatakan partainya tak menutup kemungkinan untuk membentuk poros koalisi baru jelang Pemilu 2024.

Saat ini sudah ada tiga poros yang terbangun, yakni koalisi pendukung Ganjar, Koalisi Indonesia Maju (KIM), dan Koalisi Perbaikan untuk Persatuan (KPP).

1. Poros baru mungkin saja terbentuk

Demokrat: Kecil Kemungkinan Ada Poros BaruKepala BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron bersama Sekretaris DPD Demokrat Jawa Barat, Handarujati Kalamullah.

Ketua DPP Demokrat Bidang Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (BPOKK) itu menilai poros keempat mungkin saja terjadi. Mengingat dalam politik semuanya serba dinamis.

"Dalam politik serba mungkin, sehingga kalau pun toh terjadi garis Tuhan menentukan ada poros baru ya bisa saja terjadi," kata Herman di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Demokrat, Jakarta Pusat, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: HUT Demokrat, AHY Diteriaki Makin Manis Tanpa Anies

2. Kecil peluang terbentuknya poros baru

Demokrat: Kecil Kemungkinan Ada Poros BaruIlustrasi pemilu (IDN Times/Mardya Shakti)

Kendati begitu, Herman menilai, kemungkinan terbentuknya poros baru tersebut sangat kecil. Menurutnya, lebih mungkin Demokrat gabung ke KIM atau koalisi pendukung Ganjar.

"Tapi kemungkinannya menurut saya sangat kecil ya, dibandingkan dengan kepada dua koalisi yang sudah pasti," jelas dia.

3. Demokrat sebut Sandiaga sempat ajak bikin poros baru

Demokrat: Kecil Kemungkinan Ada Poros Baruilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Herman lantas mengungkapkan, sebelumnya Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Sandiaga Uno sempat mengajak Demokrat untuk berkoalisi membentuk poros keempat.

"Ya (poros keempat) itu ada memang timnya Pak Sandiaga Uno pernah juga mengajak kepada tim kami di Partai Demokrat untuk mengajak berkoalisi," ucap dia.

Baca Juga: Sandiaga Dukung Rencana Air Asia Buka Penerbangan Langsung India-RI

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya