Dinilai Sosok yang Inspiratif, Erick Thohir Bisa Gaet Suara Anak Muda

Anak muda belakangan ini tertarik dengan sosok pengusaha

Jakarta, IDN Times - Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berpotensi menarik suara dari kalangan pemilih muda jika maju sebagai calon wakil presiden pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai, Erick Thohir punya citra sebagai figur yang inspiratif.

Baca Juga: Ini Alasan Erick Thohir Pilih Rahmad Pribadi Jadi Bos Pupuk Indonesia

1. Latar belakang sebagai pengusaha dinilai mampu menarik pemilih muda

Dinilai Sosok yang Inspiratif, Erick Thohir Bisa Gaet Suara Anak MudaIlustrasi Pebisnis. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ujang mengatakan, sosok Erick Thohir sebagai pengusaha sukses mampu menarik perhatian anak muda. Mengingat fenomena belakangan ini, generasi muda cenderung tertarik ketika membahas soal rekam jejak wirausahawan yang mapan.

“Bagaimanapun anak muda membutuhkan figur yang dapat menjadi contoh misalkan untuk bisa sukses, kaya, mapan di masa depan,” kata Ujang dalam keterangannya, Minggu (6/8/2023).

Baca Juga: Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo? Ini Jawaban Gerindra

2. Potensial gaet suara gen z dan milenial

Dinilai Sosok yang Inspiratif, Erick Thohir Bisa Gaet Suara Anak MudaMenteri BUMN, Erick Thohir. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia ini tak memungkiri, rekam jejak Erick Thohir itu mampu menjadi daya tarik bagi pemilih dari generasi milenial dan gen z.

“Itu salah satu daya tarik Erick Thohir sehingga dia tertinggi di gen Z dan milenial,” tutur dia.

"Sudah tidak heran karena selama ini Erick bersosialisasi mendekati generasi Z dan milenial. Dan profil dari Erick disukai oleh anak muda kan, namanya juga pengusaha. Pengusaha itu banyak disukai anak muda,” lanjut Ujang.

Baca Juga: Erick Thohir soal Cawapres: Saya Gak Mau Kawin Paksa, Gak Enak

3. Survei sebut Erick Thohir potensial didukung gen z dan milenial

Dinilai Sosok yang Inspiratif, Erick Thohir Bisa Gaet Suara Anak MudaIlustrasi survei (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Hal tersebut juga sejalan dengan survei Indikator Politik Indonesia periode 20 hingga 24 Juni 2023. Erick Thohir digadang menjadi salah satu kandidat cawapres yang banyak mendapatkan dukungan dari para pemilih muda, generasi z hingga milenial.

Pada klaster usia kurang dari 26 tahun atau generasi z, Erick Thohir berhasil meraup dukungan sebesar 26,5 persen.

Selanjutnya pada kelompok pemilih milenial atau yang berusia 27 sampai 42 tahun, dia mendapatkan dukungan tertinggi dengan total mencapai 20,7 persen.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya