Duet Prabowo-Erick Dinilai Mampu Gaet Suara Gen Z dan Milenial di 2024

Jelang 2024 Prabowo dan Erick berupaya dekati anak muda

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah, menilai duet Prabowo Subianto dan Erick Thohir potensial mendongkrak elektoral besar pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Dia mengatakan, duet Prabowo sebagai capres dan Erick Thohir menjadi cawapres potensial meraup suara dari kalangan anak muda. Mengingat mayoritas pemilih pada Pemilu 2024 mendatang berasal dari kalangan anak muda, yakni milenial dan gen z.

"Erick Thohir sudah cocok dampingi Prabowo Subianto nanti. Erick Thohir ini bisa menawarkan pemilih muda sehingga menambah daya elektoral pasangan tersebut," kata Dedi dalam keterangannya, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Polri Gandeng PPATK Awasi Rekening Parpol, Cegah Politik Uang

1. Prabowo dan Erick Thohir berupaya dekati anak muda

Duet Prabowo-Erick Dinilai Mampu Gaet Suara Gen Z dan Milenial di 2024ilustrasi gen z dan milennial (IDN Times/Aditya Pratama)

Prabowo sendiri belakangan tampak dekat dengan sejumlah tokoh anak muda. Ketua Umum Gerindra ini sempat bertemu dengan Raffi Ahmad dan sejumlah komika.

Sementara itu, Erick Thohir dikenal sebagai figur dengan citra anak muda. Terlebih semenjak menjabat sebagai Ketua Umum PSSI banyak program yang dinilai berhasil mengakomodir generasi muda.

"Erick Thohir terus masuk bursa cawapres 2024 berkat kinerjanya, situasi ini membuat Erick Thohir mudah mengemuka dibanding kandidat lain," ucap Dedi.

Baca Juga: PPATK Belum Lapor Secara Resmi ke Bawaslu soal Dana Ilegal Parpol

2. Gerindra menilai momen Prabowo-Erick naik mobil Indonesia 1 sebagai sinyal dukungan

Duet Prabowo-Erick Dinilai Mampu Gaet Suara Gen Z dan Milenial di 2024Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir naik mobil berpelat Indonesia 1 (dok. Humas Prabowo)

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, buka suara terkait momen Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, naik mobil bareng berpelat "Indonesia 1".

Momen tersebut terjadi saat Prabowo dan Erick Thohir mendampingi Presiden Joko "Jokowi" Widodo berkunjung ke PT Pindad, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (24/7/2023).

Muzani menilai, momen tersebut sebagai bentuk sinyal dukungan Jokowi. "Kalau saya tadi melihat foto itu, itu artinya isyarat dukungan oleh presiden kepada calon atau orang yang sedang menaiki mobil itu," kata dia saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan.

Muzani juga tidak membantah menafsirkan momen tersebut sebagai bentuk sinyal dukungan Jokowi kepada Erick Thohir.

"Ya pokoknya saya menganggap, kami menganggap itu dukungan dari Presiden memberi sinyal kepada orang yang sedang menaiki mobil itu," tutur dia.

3. PAN sodorkan Erick Thohir jadi cawapres Prabowo

Duet Prabowo-Erick Dinilai Mampu Gaet Suara Gen Z dan Milenial di 2024(Instagram/Prabowo)

Sebagaimana diketahui, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno menegaskan, nama Erick Thohir menjadi menu wajib untuk dibahas dalam setiap pertemuan dengan partai politik (parpol) lain.

Oleh sebabnya, nama Erick Thohir dibahas saat PAN bertemu dengan PDIP maupun dengan Partai Gerindra. PAN menyodorkan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

"Untuk urusan Pak Erick Thohir, itu masuk dalam menu wajib pertemuan. Nah itu juga yang kami sampaikan (ke Partai Gerindra)," kata dia kepada awak media usai menggelar pertemuan dengan Gerindra di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Senin (5/6/2023).

Eddy menjelaskan, PAN sendiri memiliki kedekatan khusus dengan Erick Thohir. Bahkan Ketua Umum PSSI itu kerap hadir dalam kegiatan dan acara besar bersama PAN.

Dia juga menyoroti gaya berbusana Erick Thohir yang belakangan sering mengenakan kemeja bernuansa biru. Menurutnya, hal itu senada dengan warna khas dari PAN.

"Bahkan akhir-akhir ini kok kelihatan sering menggunakan kemeja bernuansa biru, pakaian bernuansa biru. Jadi kedekatan kita dengan Pak Erick Thohir itu sudah sangat kental," ucap dia.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya