Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo karena Elektabilitas Tinggi

Prabowo dan Erick Thohir saling melengkapi

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga menilai, Menteri BUMN Erick Thohir potensial menjadi calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Jamiluddin menuturkan, konsistensi elektabilitas Erick Thohir yang tinggi dinilai jadi modal berharga untuk mendorong kemenangan bagi Prabowo Subianto pada Pilpres 2024.

"Iya kalau dilihat dari elektabilitasnya, salah satu yang berpeluang mendampingi Prabowo adalah Erick Thohir," kata Jamiluddin, Minggu (1/10/2023).

Baca Juga: Rakernas IV PDIP Amanatkan Megawati Umumkan Cawapres Ganjar

1. Prabowo dan Erick Thohir dinilai saling melengkapi

Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo karena Elektabilitas TinggiMenteri BUMN Erick Thohir saat mengunjungi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di kantor Kemenhan, Minggu (19/6/2022). (Dok. Istimewa)

Jamiluddin menyebut, kecocokan Erick Thohir dengan Prabowo tentu tidak hanya dari sisi keduanya menteri kabiner Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Keduanya juga kerap diajak Jokowi untuk hadir dalam satu agenda yang sama dan menunjukkan keserasian calon pasangan.

Selain itu, latar belakang Prabowo dan Erick turut menjadi perhatian banyak kalangan lantaran dinilai bisa saling melengkapi satu sama lain.

"Kecocokan bukan dari hubungan sosiologis saja, tetapi juga figur paling utama, dan Erick Thohir memnuhi kriteria Prabowo," tutur Jamiluddin.

Baca Juga: Erick Thohir Disebut Didorong Maju Pilpres oleh Jokowi

2. Elektoral Erick Thohir kuat di Jatim, potensial jadi cawapres

Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo karena Elektabilitas Tinggiilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Jamiluddin juga menuturkan, posisi Erick Thohir menguat untuk diusung karena punya daya elektoral yang kuat di Jawa Timur.

Dia mengatakan, posisi Prabowo pasca ditinggal PKB sangat membutuhkan suara di Jawa Timur. Mengingat, capres dari KIM tersebut sudah relatif kuat di Jawa Barat, Banten, dan DKI Jakarta.

"Sosok yang relatif kuat di Jawa Timur, ya Erick Thohir bisa jadi pilihan tepat," tutur dia.

Baca Juga: Prabowo Ungkap 2 Syarat Indonesia Jadi Ekonomi Terbesar di Dunia

3. Erick Thohir diterima masyarakat Jatim

Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo karena Elektabilitas TinggiKetua Umum PSSI, Erick Thohir saat berdiskusi dengan kelompok suporter, Minggu (1/10/2023). (IDN Times/Tino).

Alasan Erick Thohir kuat di Jawa Timur karena merupakan Anggota Kehormatan Banser yang dikenal aktif dalam berbagai kegiatan NU.

Bahkan, Erick Thohir tengah melakukan safari ke sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Jawa Timur. Dalam kunjungan itu, Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah ini melakukan silahturahmi dengan para kiai Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Jamiluddin Erick Thohir sangat diterima baik oleh masyarakat Jawa Timur.

Terlebih saat berkunjung ke makam Presiden ke-4 Indonesia KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Erick Thohir berhasil mendapatkan simpatisan dari kalangan NU.

"Saya melihat Erick Thohir ke makam Gus Dur semua warga nahdliyin bersimpati kepadanya," ujar Jamiluddin.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya