Gaya Komunikasi Prabowo Kian Merakyat Bisa Dongkrak Elektabilitas

Sebelumnya gaya komunikasi Prabowo lebih militeristik

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik dan Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan, menilai gaya komunikasi Prabowo Subianto yang semakin merakyat berpotensi dongkrak elektabilitasnya jelang Pilpres 2024.

Menurut Djayadi, strategi tersebut potensial menarik suara yang berasal dari akar rumput masyarakat.

Baca Juga: Beda dari Capres Lain, Prabowo Dinilai Tak Bisa Diintervensi Parpol

1. Gaya komunikasi Prabowo berubah

Gaya Komunikasi Prabowo Kian Merakyat Bisa Dongkrak ElektabilitasKetua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Dia mengatakan, gaya komunikasi Prabowo jelang 2024 telah bertransformasi menjadi lebih merakyat. Sehingga, semakin membuka peluang Prabowo diterima oleh berbagai kalangan masyarakat.

Djayadi menjelaskan, pada Pilpres 2014 dan 2019 lalu, gaya komunikasi Prabowo masih identik bergaya militer.

“Karena gaya komunikasinya berubah dari menekankan sisi-sisi militer, sisi-sisi ketegasan dan kewibawaan, sekarang gaya komunikasi kan berubah menjadi lebih merakyat kan gitu,” kata Djayadi, dalam keterangannya, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga: Bawaslu Ungkap Potensi Masalah di 2024, Ada dari Penyelenggara Pemilu

2. Kedekatan Prabowo dengan rakyat kecil menarik perhatian pemilih

Gaya Komunikasi Prabowo Kian Merakyat Bisa Dongkrak ElektabilitasKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (dok. Tim Prabowo)

Djayadi juga menuturkan, Prabowo di beberapa kesempatan sering terlihat bersama masyarakat akar rumput.

Hal ini menjadi perhatian bagi masyarakat lain, sehingga mempengaruhi preferensi mereka untuk menentukan pemimpin Indonesia selanjutnya. 

“Lebih banyak menunjukkan kedekatan dengan masyarakat kecil dan seterusnya, itu menarik pemilih yang berlatar belakang masyarakat kecil,” ujar Djayadi.

Baca Juga: Bawaslu Usul Tunda Pilkada 2024, KPU: Kita Mau Lebih Cepat, Lebih Baik

3. Prabowo dikenal dekat dengan masyarakat akar rumput

Gaya Komunikasi Prabowo Kian Merakyat Bisa Dongkrak ElektabilitasKetua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (dok Istimewa)

Selain itu, dia menerangkan, sebenarnya kedekatan Prabowo dengan kalangan masyarakat kecil sudah terjalin lama semenjak menjadi pengurus dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

“Kita tahu bahwa Pak Prabowo Subianto ini lama menjadi pengurus HKTI kan, nah jadi itu juga membuat dia punya alasan untuk dia mengatakan peduli dengan rakyat kecil gitu, petani nelayan dan sebagainya,” pungkas Djayadi.

Jika dilihat dari data survei teranyar yang dikeluarkan oleh Lembaga Survei Indonesia (LSI) periode 1 sampai 8 Juli 2023, Prabowo mendapatkan dukungan dari akar rumput.

Hal itu terbukti dari masyarakat yang memiliki latar belakang pekerjaan seperti petani, peternak, dan nelayan.

Dari kelompok masyarakat yang memiliki pekerjaan itu, Prabowo berhasil mendapatkan dukungan sebesar 44,9 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dari kandidat capres lainnya seperti Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan yang masing-masing mendapatkan suara sebesar 26,7 persen dan 8,1 persen.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya