Jadi Penentu Kemenangan, Dukungan Akar Rumput Prabowo Menguat

Dukungan akar rumput dinilai lebih loyal

Jakarta, IDN Times - Bakal calon presiden (Bacapres) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto banyak mendapat dukungan dari masyarakat akar rumput.

Diketahui, masyarakat akar rumput seperti Relawan Gerilya 08, Relawan Ridwan Kamil (RK), Komunitas Pemuda Cendekia Jawa Barat, hingga sopir angkot di Jawa Timur dan Jawa Barat mendukung Prabowo.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai, dukungan akar rumput itu membuktikan sosok Prabowo sebagai pemimpin yang diminati pemilih yang berasal dari akar rumput.

"Tentu ini menjadikan Prabowo sebagai salah satu kandidat capres yang diunggulkan dalam perhelatan Pilpres 2024 nanti," kata Ujang dalam keterangannya, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga: MK Tolak Gugatan UU Ciptaker, Buruh Bersiap Mogok Kerja Nasional

1. Dukungan akar rumput pengaruhi potensi kemenangan

Jadi Penentu Kemenangan, Dukungan Akar Rumput Prabowo Menguatilustrasi pemilu (IDN Times/Esti Suryani)

Menurut Ujang, figur capres yang mendapat banyak dukungan dari masyarakat arus bawah cenderung akan memenangkan kontestasi pilpres. Sebab, mereka lebih loyal dalam mendukung.

Oleh sebab itu, posisi tersebut sangat menguntungkan Prabowo dalam perhelatan Pilpres 2024 nanti. Kemenangan Prabowo semakin terlihat dengan banyaknya dukungan yang datang dari arus bawah.

"Biasanya yang menentukan kemenangan itu masyarakat-masyarakat kecil karena mereka itu sangat sederhana berpikirnya. Jadi ketika mereka mendukung, ya, mereka mendukung dengan ikhlas," tutur dia.

Baca Juga: Kaesang Curhat Biaya Kampanye PSI Kecil di Pemilu 2024

2. Dukungan akar rumput positif buat Prabowo

Jadi Penentu Kemenangan, Dukungan Akar Rumput Prabowo MenguatIlustrasi kampanye (IDN Times/Galih Persiana)

Ujang menilai, dukungan dari akar rumput sangat dibutuhkan setiap kandidat capres yang ingin memenangkan Pilpres 2024.

Menurutnya, kesempatan itu sudah didapatkan Prabowo yang meraih dukungan dari berbagai komunitas masyarakat.

"Tentu ini bagus bagi Pak Prabowo yang mendapat dukungan dari komunitas-komunitas masyarakat dan itu memang dibutuhkan oleh seorang calon presiden," ujarnya.

Baca Juga: Kaesang Sebut PSI Belum Tentukan Dukungan di Pilpres 2024

3. Masyarakat dinilai banyak yang ingin Prabowo jadi pemimpin selanjutnya

Jadi Penentu Kemenangan, Dukungan Akar Rumput Prabowo MenguatPrabowo Subianto (IDN Times/Aryodamar)

Lebih lanjut, kata Ujang, fenomena juga menjadi bukti Ketum Partai Gerindra tersebut tidak hanya mendapat banyak dukungan dari partai politik. Prabowo mendapat banyak gelombang dukungan dari masyarakat yang menginginkannya melanjutkan estafet kepemimpinan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Artinya, Prabowo sudah mendapat banyak dukungan tidak hanya dari partai-partai politik tapi juga masyarakat grassroot sebagai pemegang kedaulatan utama dalam pemilu," ucap dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Menkominfo: Pemilu 2024 Sudah Masuk Tahapan Menegangkan 

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya