Jokowi Effect, Faktor Elektabilitas Prabowo Meningkat di Jatim

Keputusan Prabowo gabung kabinet Jokowi pengaruhi dukungan

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam, menilai "Jokowi Effect" membuat elektoral calon presiden (capres) Gerindra Prabowo Subianto meningkat di wilayah Jawa Timur (Jatim).

Dia menilai, Jawa Timur jadi salah satu kunci kemenangan pada Pilpres 2024 mendatang.

1. Prabowo mendapat Jokowi Effect karena berada di Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Jokowi Effect, Faktor Elektabilitas Prabowo Meningkat di JatimMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bersilaturahmi ke kediaman Presiden Joko Jokowi" Widodo di Solo, Sabtu (22/4/2023) (Tim Humas Prabowo)

Surokim menuturkan, Prabowo mendapatkan Jokowi Effect karena menerima ajakan bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Tak hanya itu, tingkat kepuasan masyarakat terhadap Presiden Jokowi di Jatim masih cukup tinggi. Maka dari itu, menurut Surokim adanya Jokowi Effect ini turut berimbas positif bagi siapapun yang mengikuti kontestasi pilpres termasuk Prabowo.

“Sejauh ini tingkat kepuasan masyarakat Jatim terhadap Pak Jokowi berdasar survei SSC Juli 2023 masih 80,9 persen, masih masuk kategori tinggi. Jika melihat hal ini maka Jokowi Effect tentu masih manjur bagi siapapun yang mau ikut Pilpres,” kata Surokim, ketika dihubungi pada Jumat, 11 Agustus 2023.

“Pak Prabowo yang menjadi anggota kabinet tentu mendapat Jokowi Effect sehingga bisa menguatkan elektabilitasnya,” lanjutnya.

Baca Juga: Survei: Pemilih Jokowi Cenderung Dukung Prabowo Daripada Ganjar

2. Pendukung akar rumput Jokowi dinilai potensial menangkan Pilpres 2024

Jokowi Effect, Faktor Elektabilitas Prabowo Meningkat di Jatim(dok. Humas Prabowo)

Adanya Jokowi Effect dianggap sudah terasa terhadap elektabilitas Prabowo belakangan ini. Terlebih, Jokowi sering mengajak Prabowo dalam kunjungan kerja di berbagai daerah.

Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC) ini menilai, para pemilih Jokowi di kalangan akar rumput masih memiliki dampak yang signifikan bagi tingkat elektabilitas Prabowo pada Pilpres 2024 nanti.

“Saya pikir ini juga efektif untuk mendapat transfer device dari Pak Jokowi. Apalagi di kalangan grassroot yang ikut Pak Jokowi juga cukup solid. Jadi menurut saya hal itu akan berdampak pada elektabilitas Pak Prabowo,” ujar Surokim.

3. Prabowo berupaya dekati masyarakat Jawa Timur

Jokowi Effect, Faktor Elektabilitas Prabowo Meningkat di JatimKetua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat resmikan Kantor Bappilu di kawasan Jakarta Barat (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai, kedekatan dengan ulama jadi keunggulan bagi Prabowo pada Pilpres 2024 mendatang.

“Yang membuat Prabowo unggul, Prabowo orang Jawa, itu menjadi penting, Prabowo juga dekat dengan para ulama, dengan para habaib, dengan para kiai,” kata Ujang dalam keterangannya.

Ujang juga menilai, Prabowo paham bahwa salah satu faktor kuat memenangkan Pilpres 2024 ialah mendekati masyarakat Jawa Timur.

Oleh sebabnya, dia belakangan mulai mendekati ulama dan tokoh masyarakat.

“Prabowo turun ke masyarakat Jawa Timur karena Prabowo paham bahwa Jatim merupakan basis kemenangan maka harus didekati ulama-ulamanya, tokoh-tokohnya termasuk masyarakatnya,” kata Ujang.

Menurut Ujang, Prabowo memang dari dulu menghormati para pemuka agama. Terbaru, Prabowo juga terlihat dekat dengan Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya.

Kedekatan Prabowo dengan Habib Luhfi ini melahirkan kolaborasi apik untuk menyukseskan acara berkelas internasional yaitu Muktamar Sufi Internasional yang akan dihelat pada 29 sampai 31 Agustus 2023 mendatang.

"Adanya hubungan baik dengan para tokoh umat Islam, turut serta mendongkrak perolehan elektabilitas Prabowo," kata Ujang.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Loyalis Jokowi Semakin Solid Dukung Prabowo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya