Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Potensial Dongkrak Elektoral di 2024

Prabowo juga dinilai punya pengalaman politik

Jakarta, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, Syaeful Bahar, menilai, kinerja Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) potensial mendongkrak elektoral pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kepemimpinan Pak Prabowo Subianto di eksekutif Menhan saya kira masuk kategori diapresiasi. Karena beberapa survei atas kepuasan masyarakat kepada kinerja menteri di era Jokowi sekarang itu, Prabowo selalu mendapatkan apresiasi dan mendapat ranking yang baik,” kata dia dalam keterangannya, Minggu (23/7/2023).

Baca Juga: Survei Indikator: Generasi Z, Milenial dan Baby Boomers Pilih Prabowo

1. Pencapaian positif sebagai Menhan jadi modal Prabowo maju 2024

Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Potensial Dongkrak Elektoral di 2024Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Syaeful menilai, tren positif Kementerian Pertahanan (Kemhan) yang dipimpin Ketua Umum Partai Gerindra itu, membuktikan Prabowo memiliki pola kepemimpinan yang baik. Tentunya hal itu menjadi modal utama Prabowo untuk ditawarkan dalam Pilpres 2024.

“Saya kira itu cukup menjadi bukti bahwa Pak Prabowo Subianto memang memiliki pola kepemimpinan yang baik,” tutur Syaeful.

2. Prabowo dinilai punya catatan positif sebagai Menhan maupun Ketua Umum Partai Gerindra

Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Potensial Dongkrak Elektoral di 2024Ketua Umum DPP Gerindra, Prabowo Subianto (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Prabowo tercatat menjabat sebagai Menteri Pertahanan sejak Oktober 2019. Dia berhasil memberikan catatan positif untuk Kementerian Pertahanan. Hal itu terekam salah satunya dalam survei yang dilakukan Indonesia Political Opinion (IPO) periode 5 sampai 13 Juni 2023. Kemenhan berhasil menempati posisi pertama sebagai kementerian yang memiliki kinerja baik dengan jumlah penilaian mencapai 82,1 persen.

Sementara itu, di posisi kedua ada Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan total penilaian sebesar 74,5 persen, dan Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) dengan penilaian 66,9 persen.

Melihat dari hasil survei itu, Syaeful menegaskan, Prabowo terbukti jadi salah satu figur yang kompeten untuk menjadi pemimpin. Sosoknya juga diperhitungkan dalam dunia politik karena berhasil membawa Gerindra jadi partai besar.

“Hal itu juga ditambah ketika Prabowo menjadi salah satu ketua partai terbesar di Indonesia. Maka, legitimasi kepemimpinan Pak Prabowo Subianto sebagai menteri juga, bisa mendapatkan pengakuan lebih kuat,” tutur dia.

Baca Juga: PKB Tak Undang Bacapres Lain di Harlah, Tapi Ajak Ganjar dan Prabowo

3. Menkeu ungkap Kemenhan jadi kementerian yang paling banyak belanja

Kinerja Prabowo Sebagai Menhan Potensial Dongkrak Elektoral di 2024ilustrasi APBN (IDN Times/Aditya Pratama)

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengungkapkan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang dipimpin Prabowo paling banyak belanja barang. Angkanya menyentuh hingga Rp21,5 triliun hingga semester I 2023.

Dia menjelaskan, penggunaan dana negara itu dipakai Kemenhan untuk pemeliharaan, perawatan, hingga peningkatan matra darat, laut, udara, dan Alat Utama Sistem Pertahanan (alutsista).

"Untuk belanja barang, ini yang sempat disampaikan Bapak Presiden (Joko Widodo) di sidang kabinet, Rp147,4 triliun belanja, naik 2 persen. Kalau kita lihat komponen yang paling dominan dari belanja barang adalah di Kemenhan, Rp21,5 triliun," kata dia dalam rapat kerja (raker) dengan Badan Anggaran DPR RI di Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 10 Juli 2023.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya