Survei Indikator: Generasi Z, Milenial dan Baby Boomers Pilih Prabowo

Anies unggul di kalangan generasi tua

Jakarta IDN Times - Hasil terbaru survei Indikator menunjukkan bakal calon presiden (capres) dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto, unggul di kalangan generasi z, milenial, dan baby boomers.

Pada kelompok tiga usia ini, Ketua Umum Partai Gerindra itu berhasil mengungguli dua capres lainnya, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Prabowo unggul di generasi Z, 40,5 persen generasi z memilih Pak Prabowo Subianto, termasuk generasi milenial,” kata  Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanudin Muhtadi, saat memaparkan hasil survei terbarunya, Minggu (23/7/2023).

Survei Indikator Politik ini digelar pada 20-24 Juni 2023 dengan jumlah responden mencapai 1.220 yang dilakukan secara tatap muka. Adapun penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat margin of error kurang dari 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Bahlil: Capres yang Mau Menang Pilpres 2024 Baik-baiklah ke Jokowi

1. Selisih generasi milenial yang pilih Ganjar dan Prabowo tidak signifikan

Survei Indikator: Generasi Z, Milenial dan Baby Boomers Pilih PrabowoPresiden Jokowi tinjau panen raya padi di Kebumen, Jawa Tengah bareng Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kamis (9/3/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Kendati demikian, Burhanudin menjelaskan, selisih generasi milenial yang memilih Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto tidak signifikan.

Sebanyak 37,1 persen responden di kalangan milenial cenderung menjatuhkan pilihan ke Prabowo Subianto dan 34,8 persen ke Ganjar Pranowo. Sementara, Anies Baswedan hanya 21,9 persen.

2. Pemilih Prabowo dari basis Jokowi-Ma’ruf Amin terus naik

Survei Indikator: Generasi Z, Milenial dan Baby Boomers Pilih PrabowoMenteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) ikut memberikan semangat bagi atlet Pencak Silat RI yang tanding di SEA Games 2021 di Vietnam. (Dokumentasi Prabowo Subianto)

Dalam survei itu juga ditemukan pada April hingga Juni 2023, pemilih Prabowo Subianto dari basis Jokowi dan Ma’ruf Amin terus mengalami kenaikan.

“Karena Jokowi endorsement kalau kita lihat memang ada buktinya di kalangan pemilih Jokowi-Ma’ruf Amin berada di konsisten kedua, April 2023 pemilih Pak Jokowi yang memilih Pak Prabowo naik, kemudian naik lagi di Juni,” kata Burhanudin.

Baca Juga: Pertemuan Budiman-Prabowo Dianggap Kedepankan Kepentingan Bangsa

3. Pemilih Ganjar dari basis Jokowi sempat turun akibat piala dunia

Survei Indikator: Generasi Z, Milenial dan Baby Boomers Pilih PrabowoGanjar Pranowo Ganjar didampingi Ketua Panitia Safari Politik Ganjar Pranowo ke Sumut, Paul Baja M Siahaan meresmikan rumah pemenangan di Medan (IDN Times/Indah Permata Sari)

Sementara itu, basis Jokowi yang memilih Ganjar Pranowo sempat turun pada April 2023, efek piala dunia, ke angka 25,7 persen. Gubernur Jawa Tengah itu, memang terang-terangan sempat menolak Israel berlaga pada Piala Dunia U-20 di Indonesia.

“Pemilih Pak jokowi yang memilih Ganjar sempat turun di April, ini efek piala dunia. Tapi saat itu pemilih Jokowi-Ma’ruf tidak lari ke yang lain, tapi cenderung tidak tahu atau tidak jawab. Ketika akhirnya dapat tiket dari PDIP, basis pemilih Jokowi-Ma’ruf mulai pulih lagi,” kata dia.

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/v9alPt4aYTk

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya