Kuasai Medsos, Relawan Digital Pede Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Relawan dan TKN bahas strategi pemenangan di dunia digital

Jakarta, IDN Times - Relawan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka Digital Team (PRIDE) menggelar konsolidasi, membahas tentang strategi yang efektif untuk kampanye politik di media sosial. Mereka juga membahas bagaimana penggunaan dan analisis big data untuk menang satu putaran.

Koordinator Nasional PRIDE, Anthony Leong, mengatakan relawan berkomitmen memenangkan Prabowo-Gibran dengan menguasai perang udara alias dunia digital.

Baca Juga: Prabowo Mania 08 Yakin Prabowo-Gibran Menang di Bekasi

1. PRIDE siapkan pertarungan di medsos dengan narasi positif

Kuasai Medsos, Relawan Digital Pede Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Anthony memastikan pertarungan di dunia digital itu tidak memuat kampanye negatif. PRIDE berkomitmen untuk terus menyebarkan kampanye positif di tengah panasnya perpolitikan Pemilu 2024.

"Tim PRIDE ini konsisten mengikuti arahan Pak Prabowo - Mas Gibran untuk terus lakukan kampanye positif. Meski dihujat, difitnah, kita senyumin saja dan hadirkan narasi positif dan mudah-mudahan ini jadi kapal besar untuk TKN untuk hadirkan sentimen positif, dan sampaikan program kerja kita yang pastinya jadi solusi baik untuk masyarakat," ujar Anthony dalam keterangannya, Minggu (18/11/2023).

Anthony menyebut, pasukan udara ini selain menjadi relawan digital, mereka juga merupakan praktisi yang menginginkan adanya edukasi kepada masyarakat, bagaimana perkembangan digitalisasi ke depan.

"Indonesia yang begitu besar perlu diiringi dengan kampanye digital, karena kita tidak mungkin bisa menyapa seluruh masyarakat Indonesia satu per satu," kata dia.

Ranah digital ini, lanjut dia, bisa jadi solusi bagaimana menjadikan platform untuk menyampaikan visi misi hingga program kerja Prabowo-Gibran.

"Tentunya kami yang diisi praktisi-praktisi digital siap jadi benteng dari Prabowo-Gibran ke depan untuk hadirkan program digitalisasi dan konsisten menjaga Prabowo-Gibran di udara di media sosial dan digital," sambung Anthony.

Baca Juga: Panitia Desa Bersatu hingga Gibran Dilaporkan ke Bawaslu

2. TKN ungkap pentingnya kuasai media sosial dan digital

Kuasai Medsos, Relawan Digital Pede Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

Sementara, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Erwin Aksa mengatakan media sosial merupakan 'alat perang' yang harus dikuasai tim relawan.

"Media digital hari ini dikuasai digital, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Penting sekali media itu dipergunakan dalam politik, tapi politik positif dan tidak berkampanye hoaks. Saya yakin PRIDE bisa jadi corong untuk mengkampanyekan hal-hal yang positif," ujar politisi partai Golkar itu.

Baca Juga: Relawan Benteng Jokowi Alihkan Dukungan dari Ganjar ke Prabowo-Gibran

3. TKN tekankan kampanye di medsos dengan sejuk

Kuasai Medsos, Relawan Digital Pede Prabowo-Gibran Menang Satu PutaranPengumuman struktural Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di kawasan Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa

Di sisi lain, Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran, M. Sirod mengatakan perang media juga harus memperhatikan strategi yang tepat, terutama agar menghindari polemik polarisasi.

"Usahakan dialog dengan karakter yang humble, kudet, dan seductive. Hal konfrontasi hindari meski sesekali diperlukan bila follower sudah militan membela akun kita," kata Sirod.

Lebih lanjut, Deputi Sosial Media Relawan PRIDE Remon mengungkapkan bagaimana kuatnya pengaruh media sosial dalam Pemilu 2024. Dia juga memperkenalkan akun Instagram Benteng Prabowo yang lahir dari inisiatif pribadi dalam mendukung Prabowo sejak Oktober 2022.

"Medsos ini punya peranan penting dalam membentuk opini publik. Medsos juga dengan membuat isu dan diskusi baru, tapi kita juga bisa bantah isu miring kepada pak Prabowo dengan data baru. Kami di PRIDE siap menjadi benteng Prabowo dalam hal menangkal isu negatif, isu hoax. Kami terus bergerak di digital dengan infrastruktur yang sudah kami miliki," ucap Remon.

Dengan konsolidasi ini, Relawan PRIDE optimistis bisa memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran pada Pilpres 2024. Dalam acara itu dihadiri Dewan Pakar TKN, M. Sirod; Wakil Ketua TKN, Erwin Aksa; Konas PRIDE, Anthony Leong; Wakil Ketua PRIDE, Brian Putra Bastara; dan Deputi Bidang Media Sosial PRIDE, Remon.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya