Relawan Benteng Jokowi Alihkan Dukungan dari Ganjar ke Prabowo-Gibran

Mendapat penolakan dari Ganjar

Jakarta, IDN Times - Kelompok Relawan Benteng Jokowi (Bejo) resmi menarik dukungannya terhadap pasangan capres dan cawapres, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Relawan Bejo beralih mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Keputusan itu diambil karena Bejo mendapat penolakan langsung dari Ganjar. Pun, sejumlah pendukung Ganjar lainnya menolak kehadiran Bejo.

1. Sengaja tarik diri

Relawan Benteng Jokowi Alihkan Dukungan dari Ganjar ke Prabowo-GibranGanjar Pranowo dalam acara IMGS 2023, Indonesia's Electoral Epoch: Unveiling the Dynamics of the Pivotal 2024 Election pada Jumat (24/11/2023). (dok. IDN Media)

Ketua Umum Relawan Bejo, Jak Tumewan, mengaku sengaja mencabut dukungannya lantaran mendapatkan penolakan secara langsung oleh Ganjar Pranowo. Dalam pertemuan di Makassar, dijelaskan Tumewan, Relawan Bejo masih membawa nama Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sementara, Ganjar punya pandangan lain karena Jokowi tak mendukungnya.

"Waktu di Makassar, saya bertemu dengan Pak Ganjar dan sampaikan kami mendukung beliau dengan semua dukungan yang ada di 517 kabupaten atau kota," ujarnya kepada awak media, Jumat (24/11/2023).

"Tapi, waktu di Makassar dijawab dengan sangat tegas oleh pak Ganjar ke saya, pak Joko Widodo tidak dukung beliau," lanjutnya.

Buntut pernyataan Ganjar, Tumewan mengatakan pihaknya sempat mencoba mengonfirmasi arah dukungan secara langsung kepada Ketua TKRPP PDIP, Ahmad Basarah. Hanya saja, setelah ditunggu selama dua pekan, tetap tidak ada kejelasan dari pihak Ganjar.

Di sisi lain, dia menjelaskan kehadiran Relawan Bejo dalam beberapa agenda di sejumlah daerah seperti Riau, Medan, hingga Papua juga kerap mendapat penolakan dari pihak Ganjar.

"Waktu di Riau dan Medan juga terjadi penolakan. Kemudian, yang kemarin di Papua ketika relawan Benteng Jokowi sudah dimobilisasi tidak diterima dan ditukar dengan relawan lain," jelasnya.

Baca Juga: Panitia Desa Bersatu hingga Gibran Dilaporkan ke Bawaslu

2. Dialihkannya dukungan setelah menggelar rapat

Relawan Benteng Jokowi Alihkan Dukungan dari Ganjar ke Prabowo-GibranPrabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka usai mendaftar sebagai capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Makanya, Tumewan menegaskan pihaknya memutuskan untuk mengambil sikap menarik dukungan terhadap pasangan Ganjar-Mahfud. Dia menyebut dukungan tersebut juga secara resmi telah dialihkan kepada pihak Prabowo-Gibran.

"Akhirnya, kami juga harus memutuskan dan setelah dirapatkan oleh seluruh jajaran pimpinan DPN Benteng Jokowi mencabut dukungan. Kejadian itu kami cantumkan di dalam surat pencabutan dukungan secara resmi. Kami juga sudah kirim surat ke TKRPP, PDIP, TPN, dan KPU," katanya.

Baca Juga: TKD Prabowo-Gibran Targetkan Menang di Basis Suara Anies

3. Relawan Bejo temui Gibran

Relawan Benteng Jokowi Alihkan Dukungan dari Ganjar ke Prabowo-GibranGibran Rakabuming Raka di area Indonesia Arena, Minggu (19/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Tumewa mengaku kelompok Relawan Bejo juga telah bertemu langsung dengan Gibran di Solo. Dalam pertemuan itu ia menyebut Gibran juga telah menerima dengan baik langkah peralihan dukungan yang dilakukan Relawan Bejo.

"Kami sudah mengirimkan surat dukungan kami ke Pak Prabowo dan Gibran ke TKN. Hal lain, kami juga sudah menghadap dan berkunjung ke Solo pada Selasa dan diterima oleh mas Gibran langsung dengan baik," kata Tumewa.

Baca Juga: Buka IMGS 2023, Jokowi Harap Milenial dan Gen Z Jadi Kekuatan Baru

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya